MENU
icon label
image label
blacklogo

Ilmuwan Ciptakan Mata Sintetis Menggunakan Printer 3D

AUG 31, 2018@10:57 WIB | 645 Views

(Ilmuwan berhasil memuat mata bionic)

Penggunaan printer 3D sudah banyak membawa inovasi baru, terutama di bidang teknologi. Salah satu keunggulan printer 3D adalah mudah digunakan terutama ketika harus mencetak benda dengan tingkat kerumitan yang cukup tinggi. Hal ini sama seperti yang dilakukan oleh Michael McAlpine, seorang profesor di Universitas Minnesota.

Alpine dikabarkan berhasil membuat sebauh mata buatan. Menariknya, mata buatan ini diklaim mampu menggantikan fungsi mata asli. Jika memang benar demikian, McAlpine akan menjadi salah satu orang yang memiliki kontribusi besar di bidang teknologi dan medis.

(Proses pencetakan yang dilakukan dengan printer  3D)

Awalnya McAlpine beserta timnya membuat sebuah kubah. Ukuran dan bentuknya didesain agar mirip dengan mata manusia. Selanjutnya, tim tersebut menambahkan pola berupa garis dengan tinta yang mengandulng partikel silver. Terakhir, pada bagian paling atas, dicetak sebuah lapisan polimer semikonduktor.

Saat ini, mata sintetis buatan McAlpine mampu mengubah cahaya menjadi listrik dengan tingkat efisiensi sebanyak 25 persen. Kabarnya, McAlpine beserta tim berencana untuk meningkatkan efisiensi alat buatan mereka. Harapannya, selain sebagai sebuah inovasi di bidang teknologi, alat ini juga akan sangat berguna di dunia medis.

(Hingga saat ini masih dipikikan untuk mengimplan teknologi pada retina manusia)

Tak hanya itu, mulai dipikirkan juga berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencetak tinta bermuatan silver ini pada permukaan yang lunak sehingga dapat dilakukan implan tinta ini untuk menggantikan fungsi retina manusia.

Tags :

#
blackbox,
#
3d prined,
#
bionic eye