MENU
icon label
image label
blacklogo

Helm Berteknologi Augmented Reality Pertama di Dunia

MAY 12, 2019@10:50 WIB | 1,392 Views

Sulit dikatakan kapan pastinya gagasan tentang helm sepeda motor dengan HUD pertama kali muncul di kesadaran dunia sepeda motor. Mungkin ketika kita mulai melihat helm keren bernilai ratusan ribu dolar yang diberikan Angkatan Udara pada pilot tempurnya. Mungkin juga ketika pertama kali melihat Tony Stark berbicara dengan asisten Jarvis-nya melalui helm Iron Man-nya, dan melihat segala macam informasi yang dipaparkan di kaca dalam helm.

Tapi idenya tetap ada, dan belum ada yang benar - benar berhasil mengeksekusinya. Jadi ada kesempatan untuk menjadi yang pertama yang benar-benar membuat helm pintar AR, dan perusahaan asal Taiwan bernama Jarvish sedang berusaha mewujudkannya.

Meski helm ini di keluarkan oleh merek baru tapi bicara kualitas mereka sepertinya tidaklah main-main. Beragam sertifikat dan test uji coba sudah mereka lakukan dan hasilnya memang telah lolos uji. Helm ini tidak saja melebihi kualitas dari helm yang beredar di pasar tapi menjadi helm cerdas yang mungkin baru pertama di dunia.

Jarvish rencananya akan mengeluarkan dua tipe helm cerdas, yaitu helm X dan AR-X. Kedua model memberi Anda cangkang karbon penuh dengan desain yang cukup bagus. Bobotnya juga sangat ringan, di mana 1.400 g (3,08 lb) untuk X dan 1.750 g (3,75 lb) untuk X-AR.

X memberi Anda interkom Bluetooth dan sistem komunikasi lengkap dengan mikrofon, speaker telinga, dan baterai sekuat enam jam. Jarvish mengatakan desainnya juga sudah memiliki peredam suara untuk menyaring suara bising di sekitar.

Tipe X juga dilengkapi dengan kamera aksi 1080p yang dipasang di dagu dengan penyimpanan internal 16GB dan fasilitas untuk menambahkan kartu MicroSD hingga 256GB. Semuanya dikendalikan baik melalui aplikasi iOS / Android, atau melalui kontrol suara dengan mengatakan "Hai Jarvish".  Anda dapat menggunakannya untuk mulai streaming video langsung ke saluran media sosial, membuat panggilan telepon, atau mengontrol hal-hal seperti volume headset. Jarvish sangat percaya diri dalam teknologi kontrol suara ini - yang berinteraksi dengan Alexa, Siri, dan Google Assistant untuk menjawab pertanyaan yang lebih kompleks - sehingga tidak ada tombol eksternal pada tutupnya untuk mengganggu aerodinamika.

Pindah ke X-AR. Tipe ini memberikan Anda semua hal di atas (namun kekuatan baterainya hanya 4 jam) plus kamera belakang tambahan. Namun yang sangat membedakan X-AR dari X, ataupun helm manapun di dunia, adalah HUD Augmented Reality (AR), yang menutup ketika tidak dipakai dan meluncur ke sisi bawah pandangan mata kiri saat Anda memintanya.

Ini adalah layar yang berorientasi potret dengan layar warna yang diatur sehingga Anda tidak perlu fokus untuk melihatnya - Anda dapat melihat langsung ke jalan seperti biasa. Layar ini menunjukkan tingkat baterai, waktu, status perekaman video, kecepatan Anda (berdasarkan GPS), kompas, petunjuk navigasi, media dan informasi panggilan masuk, informasi cuaca, ditambah indikator apakah helm mendengarkan perintah Anda atau tidak.

Jarvish mengklaim bawha mereka akan mulai mengirim model X pada Agustus 2019, diikuti oleh X-AR pada September 2019. Untuk model Jarvish X kamu bisa menebusnya dengan harga 449 dolar amerika, sedangkan model Jarvish X-AR seharga 999 dolar saja.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
jarvish,
#
augmented reality,
#
motor helm