MENU
icon label
image label
blacklogo

Facebook Sedang Mengembangkan Teknologi Reverse VR

AUG 05, 2021@18:00 WIB | 315 Views

Facebook mengembangkan sebuah teknologi, dan itu adalah VR terbalik/reverse VR, yang pada dasarnya mengubah headset VR menjadi kacamata yang sangat terlihat menyeramkan. Sejak membeli Oculus pada Maret 2014, Facebook dengan cepat menjadi perusahaan paling dominan di dalam industri VR. Oculus Quest 2 saja telah menjual lebih banyak unit daripada gabungan semua penjualan headset Oculus sebelum dibeli oleh Facebook. Oculus Studios secara teratur mengembangkan game dan aplikasi unggulan untuk platform tersebut, dan kehadiran Facebook terlihat di mana-mana karena membutuhkan akun Facebook untuk menggunakan Oculus.

Walaupun dalam beberapa tahun terakhir teknologi pikir semakin mengalami kemajuan, tetapi itu masih merupakan pengalaman yang sangat terisolasi. ketika eseorang memakai headset VR, mereka akan tenggelam dalam dunia virtual yang menakjubkan, tetapi mereka benar-benar tertutup dari lingkungan nyata di sekitar mereka. Headset Oculus memiliki fitur Passthrough yang memungkinkan pengguna untuk melihat sekeliling mereka menggunakan kamera internal, tetapi mereka tetap akan terlihat aneh ketika dilihat orang saat memakai headset VR.

Itu sebabnya Facebook berinvestasi dalam ''VR reverse passthrough'' . Dalam sebuah posting yang diterbitkan di blog Facebook Research, perusahaan memperlihatkan konsep headset VR yang menunjukkan mata pengguna melalui lensa di bagian depan. Dalam perangkat konsep yang terlihat , Facebook menggunakan teknologi tampilan 3D dengan banyak kabel untuk membuat tampilan mata dan wajah orang yang memakai headset. Headset Ini masih jauh dari tahap produk yang siap rilis, tetapi idenya adalah untuk terus berusaha mengembangkan teknologi yang potensial untuk penggunaan pada produk di masa mendatang, entah itu Oculus Quest yang baru ataupun kacamata AR (Augmented Reality).

Di satu sisi, ide reverse VR sebenarnya cukup menarik. Salah satu masalah terbesar untuk realitas virtual adalah kecanggungan dalam elemen sosial. Jika dapat mengubah desainnya lebih sederhana, makan banyak orang akan lebih tertarik.  Jika Facebook mampu membuat kemajuan substansial seperti itu dalam waktu singkat, akan sangat menarik untuk memikirkan seperti apa teknologi ini ke depannya. 

Headset VR dimaksudkan untuk penggunaan perseorangan. Kacamata/headset AR sering kali lebih sedikit menyembunyikan wajah seseorang daripada di headset VR. Reverse VR mungkin terlihat seperti tidak diperlukan, tetapi tampaknya Facebook bermaksud untuk mewujudkannya. [era/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
facebook,
#
reverse vr,
#
inovasi teknologi