MENU
icon label
image label
blacklogo

ExRay, Drone Nirkabel Bawah Air Pertama di Dunia

MAY 31, 2021@09:00 WIB | 224 Views

Kendaraan bawah air (ROV) yang dioperasikan dari jarak jauh mencoba mengikuti perkembangan teknologi, dan menjadi semakin canggih dan kaya fitur. Namun, masih ada ruang untuk perbaikan dalam cara pengontrolan.

Adapun drone baru yang dikembangkan oleh start up di Swiss ini jelas jadi pengubah permainan. Ya, Hydromea baru-baru ini mengumumkan drone bawah air portabel nirkabel pertama di dunia, yang disebut ExRay.

Faktanya, ROV saat ini harus menggunakan kabel untuk dikendalikan di bawah air, karena komunikasi gelombang radio melalui air bukan pilihan yang baik. Alhasil, ROV tampak tak nyaman dengan sejumlah kabel berat dan panjang, bahkan beberapa ROV bergantung pada kabel untuk daya.

Kekurangan lainnya adalah, terdapat kemungkinan kabel akan menjadi kusut atau tersangkut di dalam air. Yang pada akhirnya, membuat Anda akan kehilangan ROV.

Hydromea ExRay mengakhiri masalah di atas dengan datangnya kendaraan tanpa kabel. ROV nirkabel ini menggunakan teknologi komunikasi optik milik perusahaan yang disebut LUMA.

Sistem ini pada dasarnya adalah modem yang menggunakan pulsa cepat lampu LED 470 nanometer untuk mengirimkan data biner melalui air. Atau secara sederhana kita dapat menyebut bahwa ExRay menggunakan cahaya sebagai pengganti kabel.

Drone ExRay menawarkan video full HD tanpa jeda dan memiliki jangkauan komunikasi 50 meter. Kisaran jangkauan ini dapat menurun saat cahaya sekitar meredup dan tingkat kekeruhan air meningkat. Namun, ini masih prototipe dan Hydromea sedang bekerja untuk menggandakan jarak tersebut.

Drone memiliki desain hubless dan dilengkapi dengan tujuh pendorong super tipis. Beratnya sekitar 7kg dengan panjang 70cm. Daya untuk ExRay berasal dari baterai yang mampu bertahan hingga 8 jam.

Tak ketinggalan pula adanya sistem pendorong yang tersebar; empat vertikal dan tiga horizontal, memberi kebebasan manuver hingga 6 derajat. Selain itu, ExRay juga dilengkapi dengan kamera HD berkemampuan zoom dan lampu sorot LED ganda.

Hydromea tidak menyebutkan detail apapun tentang harga atau tanggal rilis ExRay. Tampaknya, perusahaan masih berupaya keras memaksimalkan produknya hingga menyentuh pasar. Diperkirakan ExRay baru akan siap diproduksi pada akhir tahun 2022. Kita masih harus menunggu perkembangan selanjutnya. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
drone nirkabel bawah air pertama di dunia,
#
drone nirkabel bawah air,
#
drone nirkabel,
#
exray,
#
rov,
#
kendaraan bawah air,
#
inovasi teknologi