MENU
icon label
image label
blacklogo

Ditenagai IBM, Perahu Autonomous Mayflower Siap Kelilingi Atlantik

JUN 18, 2021@08:00 WIB | 360 Views

Sebuah kapal autonomous yang dilengkapi dengan perangkat lunak yang dikembangkan oleh IBM akan segera berlayar melintasi Samudra Atlantik dalam waktu dekat, menurut penyelenggara proyek. Kapal autonomous Mayflower, yang sudah rampung dan diluncurkan pada bulan September, adalah kapal penelitian kelautan bertenaga surya yang akan berlayar melintasi lautan untuk mengumpulkan data lingkungan. Nama kapal tersebut untuk menghormati penyeberangan kapal Mayflower yang asli pada 400 tahun yang lalu.

MAS (Mayflower Autonomous Ship)  telah menghabiskan beberapa bulan terakhir dalam uji coba laut dan berbagai misi penelitian untuk mempersiapkan perjalanan besar dari Plymouth, Inggris, ke Massachusetts di AS. MAS akan bekerja dengan para ilmuwan dan kapal autonomous lainnya untuk mengumpulkan informasi tentang isu-isu seperti: pemanasan global, polusi mikro-plastik dan konservasi mamalia laut.

Cuaca adalah faktor yang sangat berpengaruh dalam menentukan kapan waktu yang tepat MAS harus berlayar. Tim berkonsultasi hampir setiap hari dengan ahli meteorologi dari IBM The Weather Company untuk memilih waktu keberangkatan yang ideal dan meningkatkan peluang keberhasilan misi.

Kapal ini dipimpin oleh tim di Plymouth dan tim software engineering dari IBM. MAS menggunakan radar dan GPS untuk bernavigasi, serta enam kamera yang terpasang di tiang berfungsi sebagai "mata" kapal dengan memasukkan sistem pengenalan gambar AI yang membantunya menghindari kapal yang mendekat dan bahaya lainnya. Perjalanan ke AS diperkirakan memakan waktu sekitar tiga minggu. [era/asl/timBX]

Tags :

#
perahu autonomous mayflower,
#
autonomous mayflower,
#
inovasi teknologi,
#
ibm