MENU
icon label
image label
blacklogo

Desain Sepeda Twisted dan Mindboggling Simpan Rahasia Dalam Bingkainya

JUL 28, 2021@12:30 WIB | 419 Views

Kemajuan teknologi mendorong perkembangan di semua lini, termasuk dalam hal desain. Salah satu industri di mana teknologi dan desain bertemu setiap hari, adalah mobilitas perkotaan. Ambil sepeda Loop sebagai contoh sempurna tentang ke mana arahnya. Desain yang satu ini pun akan membuktikan bahwa sepeda dapat dibuat tanpa las, tanpa mematri, kecuali beberapa mur dan baut. Ini disebut Loop, dan saat ini merupakan desain sepeda konseptual dari Gaetan Francq dari Francq Design Studio.

Pasalnya, yang membuat Loop begitu istimewa adalah bingkainya. Bahkan ada lebih banyak cerita daripada yang terlihat, BlackPals hanya perlu melihat dari dekat. Pada pandangan pertama mungkin BlackPals mungkin belum bisa memahaminya, sebab "loop" bengkok di tengah menarik semua perhatian, tetapi jika BlackPals melihat lebih dekat pada head tube dan "seat stay" BlackPals akan melihat tidak ada pengelasan apa pun.

Desain tanpa las ini, ditambah dengan bingkai inovatif yang menghilangkan sebagian besar tabung sebagaimana lumrahnya, adalah alasan mengapa kita mungkin melihat desain ini pada kampanye Indiegogo atau Kickstarter berikutnya.

Terlepas dari bagian kerangka, ada banyak hal yang harus ditutupi. Fitur cerdas lainnya adalah garpu. Ya, itu adalah garpu kiri dan dipasang ke bingkai melalui headtube yang didesain ulang yang dibaut ke ujung bingkai Loop. Ini adalah bagaimana pengelasan dihilangkan dan sistem yang sama digunakan untuk bagian belakang.

Selain itu juga terdapat di bagian depan Loop, tampilan yang menunjukkan detail seperti seberapa jauh BlackPals berkendara, seberapa cepat melaju, suhu di luar, waktu, dan GPS. Bahkan BlackPals dapat terhubung ke sepeda melalui Bluetooth. Sayangnya, itu seperti e-bike yang akan didapat Loop. Tidak ada motor atau baterai untuk membantu BlackPals, tetapi sepertinya Drive Karbon Gates digunakan sebagai pengganti rantai klasik. 

Sepeda ini dirancang oleh desainer Prancis, jadi untuk memastikan semuanya sejalan dengan budaya dan cara hidup Prancis, tiang kursi menyembunyikan ruang di mana pengendara dapat dengan mudah memasukkan sebotol anggur. 

Satu hal yang dilakukan Francq adalah membuat tata letak setiap bagian yang perlu dibangun oleh Loop. Setiap mur, baut, ring, dan sekrup; semua telah direncanakan dan dirancang. Bahkan warna seperti apa yang dapat dipilih pemilik masa depan untuk bingkai, juga telah dikembangkan. Semua pengaturan pada ban 26 inci dan dilengkapi dengan rem cakram.

Tentu saja, ini bukanlah desain yang sepenuhnya sempurna, jadi tergantung bagaimana BlackPals melihat secara visual serta fungsinya. [asl/timBX]

Tags :

#
sepeda twisted,
#
inovasi teknologi,
#
rekomendasi sepeda