MENU
icon label
image label
blacklogo

Denmark dan Norwegia Kolaborasi Bangun Feri Hidrogen Terbesar di Dunia

DEC 17, 2020@15:30 WIB | 181 Views

Berwisata di kapal besar tentu menyenangkan. Nah.., kini kapal feri terbesar di dunia dengan berbahan bakar hidrogen hijau bakal dibangun Denmark dan Norwegia. Tak hanya terbesar, kapal ini kabarnya juga yang terkuat di dunia, dengan mampu mengangkut 1.800 penumpang antara Kopenhagen dan Oslo, yang dirancang terjadi di tahun 2027.

Kapal feri hidrogen raksasa hijau

Kedua negara telah mengajukan permohonan pendanaan Uni Eropa untuk proyek terobosannya. Bahkan dengan dana tersebut mereka menargetkan "teknologi yang sangat inovatif dan proyek unggulan yang besar".

Rancangan tentang Strategi Mobilitas Cerdas dan Berkelanjutan Komisi Eropa, menyatakan bahwa mereka menginginkan kapal ini selesai dan dapat beroperasi pada tahun 2035.

Kapal feri hidrogen hijau, yang akan diberi nama Europa Seaways dan dioperasikan oleh DFDS, juga akan dapat mengangkut kendaraan, baik 380 mobil atau 120 truk, dalam perjalanan pulang-pergi sekitar 48 jam. Sebuah sel bahan bakar 23 megawatt - lebih besar dari sistem propulsi lainnya saat ini, akan memberi daya pada kapal tersebut.

Perusahaan kincir angin Denmark, Ørsted akan membantu menyediakan hidrogen hijau dengan menggunakan tenaga angin lepas pantai. Menurut Euractiv, Feri tersebut akan menghindari 64.000 ton emisi CO2 setiap tahun, sama dengan mengeluarkan lebih dari 13.000 mobil penumpang dari jalan raya.

Penggunaan Electrek

Pada pertengahan Oktober, Electrek melaporkan bahwa feri bertenaga hidrogen pertama di dunia ini akan diujicobakan di Kepulauan Orkney Skotlandia. Proyek itu sedang menguji coba sistem konversi bahan bakar ganda hidrogen / diesel. Jika proyek terobosan Europa Seaways berjalan lancar, maka kapal bisa berlayar pada Maret mendatang.

Beberapa waktu lalu, kelompok payung LSM Eropa Transport & Environment merilis sebuah studi yang menyatakan bahwa hidrogen harus digunakan dalam industri berat seperti penerbangan dan pengiriman. Jadi, proyek kapal fery ini adalah proyek yang menarik untuk disimak. Jika semuanya berhasil, maka ini akan menjadi terobosan besar dan membuka pintu untuk penggunaan hidrogen hijau di dunia pengiriman komersial. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
feri hidrogen terbesar,
#
inovasi teknologi,
#
bebas emisi