MENU
icon label
image label
blacklogo

Cercle: Sepeda Real-Life Transformer yang Dapat Berubah Menjadi Rumah

JUL 19, 2021@12:00 WIB | 114 Views

Inovasi teknologi dari waktu ke waktu menunjukkan bahwa sesuatu yang bahkan tak pernah banyak orang pikirkan menjadi kenyataan. Seperti sepeda real-life transformer bernama Cercle ini yang dapat dirubah menjadi rumah di atas roda. Jika hanya dibicarakan, nyaris itu mestahil, tetapi faktanya desainer Bernhard Sobotta membuktikan bahwa itu benar-benar ada.

Cercle ini adalah rumah mobil dengan dua roda. Lipat saja tempat tidur dan bepergian ke mana pun keinginan hati BlackPals. Awalnya, ide sepeda multifungsi ini muncul di benar Bernhard Sobotta pada tahun 2019 lalu. Dalam wawancara dengan Bikecitizens, ia menjelaskan bagaimana ia ingin menggabungkan sepeda kargo dengan bingkai tempat tidur gantung.

Ini adalah pemikiran awal yang memulai proyek, yang berubah menjadi Cercle. Belakangan, konsepnya menjadi lebih kompleks. Dari alat tempat tidur gantung sepeda sederhana, Bernhard ingin menciptakan sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan siapa pun: rumah.

Sekitar satu tahun membuat sketsa dan bekerja, prototipe pertama mulai terbentuk. Itu terbuat dari tiga siklus tua dan berkarat yang berbeda yang dipotong menjadi dua dan dirakit di sekitar Lingkaran. Tak lama kemudian, motor sudah siap untuk tes pertama di jalan.

Tim di belakang proyek ini dapat melakukan uji perjalanan 1000 km (621 mil) dan memeriksa apakah semuanya bekerja dengan baik. Mereka bahkan membawa Cercle bersama mereka di bus dan kereta api dan mampu menunjukkan bahwa Cercle cocok di dalam, bahkan jika prototipenya sedikit lebih panjang dari kebanyakan sepeda yang ada.

Rangka tempat tidur-kursi-kursi-meja yang tergabung mengubah perjalanan biasa menjadi pengalaman berkemah yang lengkap. Terlebih lagi, sepeda sebenarnya memiliki tenda yang dipasang pada strukturnya yang terbuka untuk memberikan ruang yang cukup untuk satu orang. Itu benar-benar tidak lebih dekat dari itu.

Meskipun kelihatannya modul ini cukup berat dengan segala sesuatu yang melekat padanya, sebenarnya beratnya hanya 3,5 kilogram (7,7 lbs). Sedikit ketidaknyamanan adalah ukuran bingkai lingkaran yang, ketika dilipat, membuatnya agak sulit bagi seseorang untuk duduk di sadel dan memiliki pandangan yang jelas tentang apa yang ada di depan sepeda. Selain itu, proyek ini terlihat sangat menjanjikan.

Cercle masih dalam tahap prototipe, tetapi Bernhard berencana untuk memperluas kemampuan tenda musim gugur ini. Pada tahun 2022, ia berencana untuk membawa sepedanya dalam tur dunia dan mengumpulkan lebih banyak pengetahuan yang akan dituangkan ke dalam versi 2.0 dari sepeda transformator. [asl/timBX]

Tags :

#
cercle,
#
sepeda real-life transformer,
#
inovasi teknologi,
#
bernhard sobotta