MENU
icon label
image label
blacklogo

Brompton M6L Electric, e-Bike Lipat Premium yang Ikonik

DEC 08, 2020@14:00 WIB | 351 Views

Brompton M6L Electric adalah e-bike lipat premium. Dengan variasi rapi pada desainnya, sepeda lipat Brompton yang ikonik ini menawarkan pengalaman tenaga pedal premium yang semakin mengesankan berkat bantuan baterai dan motor hub. Diproduksi dengan standar tinggi, Brompton M6L Electric menawarkan beberapa fitur pintar, tetapi harganya cukup mahal.

Kelebihan sepeda ini memiliki desain lipat yang bagus, dibangun menggunakan komponen berkualitas dengan performa yang bagus juga. Sayangnya, karena produk premium tentu maka harganya pun mahal, untuk melipatnya membutuhkan latihan, dan meski bukan yang paling berat tapi untuk sekelasnya ini cukup berat.

Review dua menit

Brompton adalah perusahaan Inggris yang telah membuat sepeda komuter lipat bertenaga pedal selama hampir 50 tahun hingga kini, meskipun hanya sedikit yang benar-benar menggunakannya ke tempat kerja. Mungkin karena banyak dari tidak memiliki banyak ruang untuk menyimpan sepeda konvensional, sehingga sepeda lipat menjadi solusi praktis.

Namun, Brompton juga memutuskan untuk membawa model berbantuan baterai ke pasar e-bike. Hal ini dilakukan setelah mengembangkan desain motor hub yang inovatif bekerja sama dengan Williams Advanced Engineering.

Bekerja sama dengan para insinyur yang terkenal karena pengalaman mereka di Formula E memberikan pengalaman berkendara yang didukung baterai yang zesty. Di samping performa yang lincah, pengguna mendapatkan sepeda kecil yang gesit dan berkualitas, dengan tetap mempertahankan pesona unik dari desain asli Brompton.

Memiliki baterai di dalam sepeda membuat berat bertambah, tetapi pada akhirnya, produk ini masih menjadi salah satu sepeda komuter terbaik.

Harga dan tanggal rilis

Brompton Electric pertama kali diluncurkan pada 2017. Harga mulai dari £ 2.725 (sekitar $ 3.700 / AU $ 5.000, setara dengan 51 Juta Rupiah).

Rancangan

Sepeda lipat Brompton langsung dapat dikenali. Meskipun ini mungkin bukan sepeda lipat listrik pertama yang datang ke pasar, namun perusahaan terus mengembangkannya dengan baik.

M6L Electric memiliki banyak karakteristik desain yang sama dengan model tradisionalnya, tetapi ada sedikit perbedaan.

Buat pengguna yang belum pernah coba melipat atau membuka Brompton, cara kerjanya mungkin tampak rumit, tetapi dengan sedikit latihan, selanjutnya menjadi lancar. Pada M6L Electric ada beberapa bagasi tambahan yang perlu diperhatikan, yaitu baterai 36V lengkap dengan port USB, yang berada di bawah setang.

Bagian roda depan memiliki rakitan motor kompor yang memberikan daya untuk membantu menarik penumpang saat baterai dinyalakan. Itu semua menambah bobot, yang berarti M6L Electric berbingkai baja memiliki berat 18,4kg.

Meski demikian, Brompton membuat tiang yang dapat diperpanjang untuk sadel, dilengkapi dengan setang yang kaku, yang dapat mengakomodasi ukuran kaki sampai 33-35 inci.

Spatbor menutupi ban Schwalbe Marathon Racer, dengan strip reflektif. Pengaturan pencahayaan 40 Lux Busch & Muller dan Spanninga Solo XE belakang memastikan pengendara dapat melihat dan terlihat oleh kendaraan lain.

Performa

M6L Electric menawarkan posisi berkendara yang nyaman, dengan sadel dan setang yang menawarkan posisi tinggi di atas sepeda. Daya untuk baterai dan bantuan yang menyertainya dapat dikonfigurasi sebelum dikendarai, karena kontrolnya ada di atas paket baterai, dengan tombol daya, mode (1-2-3) dan lampu di ujung jari pengendara. Kontrol pada setang akan membuat pengalaman menjadi lebih baik.

Pengalamannya sedikit berbeda dengan sepeda listrik yang ditenagai oleh motor di bagian bawah rangka, atau yang memiliki hub yang dipasang di belakang. Mengingat bahwa M6L Electric dimaksudkan untuk perjalanan yang lebih pendek, namun rasanya ingin terus melaju.

Jika tertarik maka belilah dengan pertimbangan:

- Membutuhkan solusi perjalanan

- Karena Brompton menampilkan desain yang telah dicoba dan diuji yang membuatnya cocok untuk siapa saja yang menjalani pekerjaan sehari-hari.

- Jika ruangan sempit. Karena dengan kemampuan lipatnya yang cerdas, Brompton dapat dengan mudah disimpan di rumah, di tempat kerja, dan juga di kereta.

- Jika lelah melakukan semua pekerjaan

- Bantuan baterai membuat perbedaan besar untuk mengurangi rasa sakit dalam perjalanan komuter.

Sebaliknya, jangan beli jika :

- Tidak ingin membawa sepeda

- Brompton terlipat, tetapi masih harus membawanya dari waktu ke waktu dan itu tidak akan berlaku untuk semua orang.

- Anggarannya ketat. Karena sepeda Brompton mungkin merupakan solusi praktis yang hebat, tetapi bentuk buatan tangan membuatnya mahal untuk pengguna biasa.

- Membutuhkan sepeda untuk semua kesempatan. Daya tarik lipat Brompton sangat bagus, tetapi jika tidak membutuhkan kendaraan roda dua yang dapat dilipat, ada beberapa opsi premium dengan harga yang sama. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
brompton m6l electric,
#
e-bike lipat premium,
#
rekomendasi sepeda lipat,
#
rekomendasi ebike,
#
inovasi teknologi,
#
brompton