MENU
icon label
image label
blacklogo

Ban Tanpa Udara NASA untuk Sepeda Segera Tiba

MAR 29, 2021@18:00 WIB | 192 Views

Pandemi yang terjadi saat ini memberikan beberapa kebiasaan baru yang muncul, salah satunya adalah bersepeda. Sepeda menjadi olahraga yang banyak dilakukan oleh beberapa komunitas di jaman ini. 

Salah satu Startup AS dengan nama Smart Tire Company mendukung olahraga bersepeda dengan memberikan sebuah solusi untuk masalah tertua pengendara sepeda: ban bocor. Solusi ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi NASA. Perusahaan rintisan ini berharap dapat membawa ban METL ke pasar paling cepat tahun depan.

Menurut Smart Tire Company (ujung topi ke Gizmodo), ban METL (Martensite Elasticized Tubular Loading) memiliki elastisitas karet dan kekuatan titanium. Dalam perkembangannya, perseroan menggunakan teknologi ban Airless Shape Memory Alloy (SMA) yang disebut NiTinol alloy.

NiTinol adalah paduan logam yang terbuat dari nikel dan titanium dengan menampilkan efek memori bentuk. Ini memiliki kekuatan ban logam yang digunakan oleh NASA untuk penjelajah yang dikirim ke Bulan dan Mars, tetapi juga kemampuan untuk memantul kembali berkali-kali setelah cacat, tanpa kerusakan.

Kemampuan inilah yang membuat ban METL tidak akan pernah kempes.Selain itu, mereka dapat berubah bentuk untuk menyerap benturan pada medan apapun, dan segera kembali ke bentuk semula, seperti halnya ban karet. Tidak hanya itu, untuk menawarkan cengkeraman yang baik dan tidak mungkin dilakukan dengan permukaan logam yang halus, perusahaan akan menawarkan tapak seperti karet yang terbuat dari Polyurethane.

Smart Tire Company memperkirakan ban logam ini memiliki daya simpan yang sangat lama, sehingga mengurangi limbah dari industri ban yang “sangat kotor”. Tapak, di sisi lain, harus diterapkan kembali secara berkala.

Perawatan masih menjadi masalah namun biayanya akan relatif lebih rendah daripada jika harus membeli ban baru. Smart Tire Company mengatakan bahwa ban pertama yang menggunakan teknologi jenis ini diharapkan tiba di pasar pada awal tahun 2022, akan menjadi penawaran "premium", seperti ban balap untuk mobil. Harga tinggi akan diimbangi dengan umur panjang dan mengurangi biaya perawatan.

Perusahaan mencatat bahwa ban logam ini tidak akan cocok untuk semua pengendara sepeda karena bobotnya memberikan tambahkan ke sepeda. Selain itu, orang hanya dapat berasumsi bahwa harga yang mahal. [dev/asl/timBX]

Tags :

#
ban tanpa udara nasa,
#
smart tire company,
#
eknologi nasa,
#
inovasi teknologi