MENU
icon label
image label
blacklogo

Ban Pintar Ini Bakal Dongkrak Keamanan Berkendara

MAR 13, 2017@11:30 WIB | 318 Views

Kian digandrunginya smartphone sedikit banyak berimbas pada lahirnya produk-produk pintar yang sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah ban cerdas besutan Pirelli berikut ini yang digadang-gadangkan telah dilengkapi dengan sejumlah teknologi modern. Dikutip dari laman Slashgear, ban pintar garapan Pirelli ini akan tersedia di beberapa seri, seperti P-Zero dan Winter Sottozero.

Masih menurut sumber yang sama, Pirelli telah mempersenjatai kedua seri ban tersebut dengan sistem pendukung ban pintar bernama Connesso. Sistem ini sendiri terdiri dari tiga bagian utama yang bakal membuat seri-seri tersebut menjadi ban cerdas, yakni sensor, cloud, dan aplikasi. Untuk merekam berbagai data selama digunakan, Pirelli pun membenamkan sebuah sensor di jeroan P-Zero dan winter Sottozero.

Secara cerdas, sensor tersebut akan merekam beberapa data yang ada, mulai dari tekanan ban atau temperatur. Data tersebut kemudian diteruskan ke unit penerima yang disematkan di salah satu sudut mobil. Proses tersebut tidak berhenti di sini, dimana informasi akan kembali dikirimkan ke layanan berbasis awan atau cloud.

Setelah data tersebut diolah, informasi akan kembali dikirim ke smartphone melalui aplikasi pendamping yang telah disediakan, atau bisa juga langsung ke layar yang ada di dashboard. Data yang disajikan nantinya bisa berupa perkiraan jarak tempuh atau tingkat penggunaan ban. Yang tidak kalah menarik, sistem Connesso ini akan memberikan peringatan ke Anda, apabila ada parameter yang telah melewati batas toleransi. Tekanan ban, misalnya. [Teg/TimBX]

Tags :

#
pirelli,
#
blackbox,
#
smarttire