MENU
icon label
image label
blacklogo

Apple akan Terapkan Teknologi Chipset ARM untuk Melahirkan Macbook Low Budget

APR 24, 2020@17:45 WIB | 332 Views

Kabar gembira untuk para pencinta dan konsumen baru yang ingin beralih Macbook isunya saat ini adalah Apple akan meluncurkan Macbook murah berbasis chip ARM khusus yang akan diluncurkan pada tahun 2021. Apple berencana untuk merilis beberapa Mac berbasis ARM  untuk produk laptop dan desktop.Transisi Mac yang telah lama dirumorkan akan mengganti prosesornya dari Intel ke desain ARM. Yang diharapkan oleh Apple sendiri bisa meningkatkan kinerja Mac lebih cepat dan lebih luas.

Dengan beralihnya chipset ke model ARM akan memungkinkan Apple untuk mengurangi biaya prosesor sebanyak 40 hingga 60 persen disamping itu juga dengan pengehematan tersebut Apple akan mendapatkan banyak fleksibilitas dalam menentukan bahan material untuk perangkat kerasnya.

Dibandingkan dengan prosesor x86 dari Intel atau AMD, desain ARM biasanya sudah disematkan pada perangkat seluler dan sudah terbukti mampu memberikan efisiensi daya yang lebih besar, daya tahan baterai yang lebih lama. Mungkin itu juga yang menjadi pertimbangan Apple untuk untuk menanamkannya di Macbook terbarunya.

Gagasan untuk diterapkan di sebuah desktop, Chipset  ARM akan lebih menarik karena merupakan peningkatan dari Soc A14 Bionic, dan belum ada pada sebuah destop yang akan dijual ke pasaran.,  chip 12-core akan jauh lebih cepat daripada chip A13 yang saat ini ditemukan di iPhone dan iPad terbaru Apple.

Sebagai perbandingan, Apple entry-level MacBook Air hanya memiliki dua core, dan bahkan model MacBook Pro 13 inci mid-range hanya menawarkan CPU empat-core. Tentu saja, ada lebih banyak faktor daripada jumlah inti yang berkontribusi pada kinerja secara keseluruhan, tetapi itu pertanda baik bahwa ARM Mac Apple yang akan datang akan menawarkan kinerja yang jauh lebih besar daripada mesin Intel yang sekelasnya.

Sebuah terobosan dimana cip ini berintergrasi dengan 12 inti di CPU, terbagi menjadi 2 proses inti yaitu Icestorm sebuah sebutan untuk performa lebih rendah untuk hemat energi dan Firestorm adalah inti dari performa yang tinggi.

Apple biasanya akan mengumumkan hal semacam ini pada Konferensi Worldwide Developers tahunan di bulan Juni, tetapi acara seperti ini pada  tahun 2020 tidak akan terjadi karena kasus pandemi corona virus. Sepertinya keynote dari WWDC 2020 akan disiarkan online pada waktu yang belum ditentukan. [and/timBX]

Tags :

#
teknologi chipset arm,
#
apple,
#
macbook low budget