MENU
icon label
image label
blacklogo

MicroLiDar, Sensor Mungil Pemindaian Terkecil di Dunia

JUN 12, 2021@09:00 WIB | 1,559 Views

LightWare LiDAR kembali menghadirkan produk terbarunya bernama MicroLiDar. Produk pemindaian ini begitu muncil, hanya seukuran bola golf. Saking kecilnya MicroLiDAR disebut-sebut sebagai sensor pemindaian terkecil di dunia.

LightWare LiDAR merancang pemindai terkecil yang pernah ada ini untuk membantu kendaraan otonom tak berawak (UAV) kecil seperti drone bernavigasi yang lebih baik. Wujud dan materinya memiliki berat 59 gram (2 ons) dan merupakan perangkat kecil yang hanya berukuran 51 X 48 X 44 mm (2 X 1,8 X 1,7 inci).

LiDAR adalah singkatan dari pendeteksian cahaya dan jangkauan. Produk ini adalah teknologi yang melibatkan sinar pemindaian laser yang memetakan lingkungan sekitar. Fungsinya dapat menentukan jarak suatu objek dengan mengirimkan sinar laser tersebut dan kemudian mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan cahaya yang dipantulkan untuk kembali ke penerima.

Sensornya mungkin sangat kecil tetapi itu tidak mencerminkan kemampuan teknologinya dengan cara apa pun. SF45 memiliki jangkauan 0,2 hingga 50 m (0,65 hingga 164 kaki) dan dapat disesuaikan dari 20 hingga 320 derajat, tergantung pada kebutuhan Anda. Itu juga dilengkapi dengan FoV (Field of View) horizontal atau vertikal.

Dengan kecepatan pembaruan hingga 5.000 pembacaan per detik dan kemampuan beradaptasi yang luar biasa untuk kondisi pencahayaan apa pun, sensor microLiDAR SF45 dapat menjadi penolong yang andal untuk berbagai aplikasi. Sangat cocok untuk tujuan navigasi, deteksi rintangan, mengikuti medan, menghindari tabrakan dan banyak lagi.

Menariknya, SF45 juga dapat digunakan di bawah sinar matahari langsung, kondisi cahaya rendah, serta dalam kegelapan total. Di mana pengguna dapat mengoperasikan sensor dengan berbagai jenis pengontrol, karena dilengkapi dengan beberapa antarmuka perangkat keras, dan mudah dikonfigurasi. Ini kompatibel dengan Pixhawk - ArduPilot, dan PX4.

CEO LightWare LiDAR Philip Constantine menjelaskan bahwa mikrosensor memberikan mata ke UAV pengguna, mengurangi risiko bencana. Ini menghadirkan visi, keamanan, dan kepraktisan ke semua perangkat otonom kecil yang tidak dilengkapi dengan persepsi kedalaman 3D.

MicroLiDAR SF45 sekarang tersedia untuk dipesan dengan harga sekitar $445 (sekitar Rp6,3 juta). [asl/timBX]

Tags :

#
microlidar,
#
lightware lidar,
#
inovasi teknologi,
#
sensor pemindaian terkecil