MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips dan Trik Tanjakan Saat Riding dengan Vespa GTS Supertech 300

OCT 06, 2019@14:00 WIB | 476 Views

Saat menggunakan GTS Supertech mungkin terasa bahwa dorongan mesin mengendur. Tapi bukan berarti Vespa tidak kuat nanjak yang ekstrim, diperlukan adalah ngurut throttle, tidak butuh mengambil ancang-ancang atau buka gas secara besar. 

Selain itu pengguna Vespa untuk melahap tanjakan dengan baik, dianjurkan tidak menggunakan bahan bakar dibawah RON 92. Itu dikarenakan rasio kompresinya yang besar. Bila itu terjadi (under RON 92) bakal terjadi knocking, itu diakibatkan bahan bakar tidak sanggup menerima kompresi sebesar itu. 

"Sifat BBM seperti premium itu tidak bisa ditekan, karena bila ditekan dalam kompresi yang tinggi bisa meledak duluan. Sebaliknya ROn yang semakin tinggi lebih sulit terbakar, dan itu cocok untuk motor dengan rasio kompresi yang tinggi," tutur Yudi Technical Trainer Manajer, Piaggio Indonesia.


Bagaimana Fitur ASR pada Vespa GTS Bekerja?

Fitur Anti Slip Regulation (ASR) pada varian GTS bekerja dengan modul ABS. Artinya, modul ABS bekerja memberi kabar ke speedometer dan disisi lain memberi kabar ke ECU.  Tugas fitur ASR adalah membanding-bandingkan kecepatan roda belakang dan roda depan. 

"Jika roda depan dan belakang kecepatannya beda, ASR akan memberi tahu ke ECU bahwa terjadi perbedaan dan distimulir dengan pengurangan pengapian secara sistem dan tenaga mesin berkurang diikuti dengan asupan BBM yang berkurang," sambung Yudi.

Menjaga Tekanan Ban pada Vespa

Kejadian yang sering dilupakan pengguna Vespa adalah memastikan tekanan ban sesuai dengan kebutuhan. Karena semakin kempis, kinerja mesin menjadi berat, dan hal itu ditangkap oleh ECU untuk mengintervensi mesin dengan memberikan suplay BBM lebih sedikit. Akibatnya motor terlihat brebet, loyo, padahal secara management sistem memang demikian. Hal ini menjadi salah satu sistem keselamatan pada Vespa. 

Perhatikan ukuran, profil dan diameter ban. Jika tidak sesuai, akan dilaporkan pada dashboard, dengan check engine. Karena berkaitan dengan modul ASR, maka pihak Piaggio Indonesia menganjurkan tidak boleh mengganti ban sembarangan kecuali dengan spek yang dianjurkan.

Kelebihan Fitur  Premium Tilt Sensor 

Fitur ini bekerja membaca kemiringan motor dari aspal. Sebelum motor benar-benar jatuh ditanah, mesin akan tetap hidup, dan itu bisa terjadi di belokan yang ekstrim misalnya. Ketika Vespa GTS benar-benar dalam posisi 0 derajat, itu berarti mesin akan mati, dan Anda tinggal menunggu waktu untuk menyalakan kontak kembali. [Ahs/timBX]

Tags :

#
gts supertech 300,
#
vespa gts,
#
piaggio indonesia,
#
tips,
#
trik,
#
hpe