MENU
icon label
image label
blacklogo

TPMS, Fitur Kecil 'Penyelamat' Pengemudi

JUN 02, 2020@13:19 WIB | 527 Views

Berbicara mengenai fitur ringan canggih di mobil saat ini, TPMS menjadi fitur ringanyang bisa memantau tekanan ban secara real time. Nah, biasanya informasi tekanan ban ini disesuaikan di layar Multi-Information Display atau MID, atau layar khusus aftermarket, jika mobil tak memiliki fitur TPMS. Pada layar MID, TPMS biasanya dilambangkan dengan gambar mobil dengan angka yang mewakili informasi tekanan ban di setiap sisi ban. Ban menjadi faktor terpenting dalam berkendara, karena jika tekanan ban berkurang,  performa kendaraan tak beraturan dan menyebabkan boros bahan bakar.

Fitur TPMS sejatinya juga menjaga pengendara dari rasa khawatir karena takut angin ban berkurang, dan jika itu terjadi, pengemudi bisa langsung mengetahui kondisinya dan mencari tempat pengsian angin ban.

Mengisi angin kendaraan pun tak boleh sebarangan, pabrikan otomotif sudah memberikan informasi tekanan angin yang normal di sisis pintu bagian kanan depan.

Dua Jenis Fitur TPMS

Ada dua jenis TPMS, yaitu tipe langsung dan tidak langsung. TPMS langsung menggunakan sensor yang dapat memonitor tekanan angin di setiap ban. Sensor ini dapat membaca suhu pada ban juga. Dengan menerapkan teknologi nirkabel, TPMS langsung akan mengirim data baca ke modul kontrol yang kemudian meneruskannya ke instrumen cluster.

Bertentangan dengan itu, TPMS tidak langsung menggunakan sensor pada pelek atau ban. TPMS mengusung sensor kecepatan ban untuk mengukur laju perubahan setiap roda yang direkam oleh sistem komputer. Ketika ban terdeteksi memiliki tekanan yang berkurang, sistem meneruskannya ke instrumen kluster. Fitur ini memang diklasifikasikan sebagai fitur canggih karena hanya segelintir mobil yang dilengkapi dengan TPMS. 

Fitur TPMS ini juga ada yang dijual sebaga barang aftermarket. Seperti judulnya, sistem TPMS ini sedikit sukar dipasang karena harus memasukkan sensor ke dalam ban dan velg. Namun, bukan berarti tak bisa, karena sistem ini ternyata banyak digunakan di mobil yang tak memiliki TPMS bawaan. TPMS aftermarket juga sudah dijual di pasaran dan toko online.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
autotips,
#
tpms,
#
tire pressure monitoring system,
#
aftermarket