MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Posisi Duduk yang Benar Saat Berkendara Motor

OCT 09, 2017@21:00 WIB | 3,624 Views

Posisi duduk saat mengemudi kendaraan merupakan salah satu bagian yang penting bagi pengendara khususnya roda dua. Karena motor hanya dibekali dua ban yang memiliki lebar satu telapak tangan yang harus bersentuhan di aspal jalan.

Selain itu dalam berkendara motor juga harus mempunyai konsentrasi yang penuh. Karena dengan konsentrasi, Anda bisa mengimbangkan motor ketika dijalan. Lantas seperti apa duduk yang benar jika sedang berkendara motor?

Menurut Putra Pratama sebagai Manager Two Wheel Michelin Indonesia cara posisi duduk dalam berkendara dengan posisi riding tergantung motornya. Ada dua jenis motor pertama big-bike dan yang kedua kendaraan komuting.

“Kalau komuting disarankan lebih tegak dan sedikit membungkuk. Kenapa begitu?. Karena jika Anda terlalu tegak itu akan tegang, tapi jika Anda terlalu membungkuk itu jelas sekali berpegaruh daya visualitas kita terhadap kendaraan lebih santai dan fokus,” beber Putra.

Tapi kalau dari motor big bike lanjut Putra, bisa dikategorikan lebih aman dari pada komuting. Bukan hanya tentang berkendara saja, karena semua orang berkendara itu semuanya hampir sama. Sebab kendaraan big bike itu memiliki telapak ban yang lebar dan bisa lebih stabil saat dijalan.

Putra kembali menyarankan agar posisi duduk dalam berkendara pada saat naik motor disarankan agar lebih nunduk sedikit dan jangan terlalu tegak. “Pokoknya buat senyaman mungkin, karena kalau kendaraan roda dua itu butuh keseimbangan. Jadi lebih utama Anda harus visibel berkendara,” tegas Putra.

Dalam hal berkendara roda empat atau roda dua memang harus mempunyai kontrasi yang lebih fokus. Tapi naik motor itu berbeda dibandingkan dengan roda empat. Karena ketika ketika Anda tegang dan kaku saat berkendaraan itu dapat memicu konsentrasi dijalan. “Dari hilang konsentrasi timbulnya kecelakaan,” kata Putra. [ddy/timBX]

Tags :

#
autotips,
#
blacktips