MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Modifikasi BMW E36

JAN 29, 2017@13:00 WIB | 3,742 Views

Mobil lansiran Jerman tahun 1996 keatas ini digemari banyak kalangan karena desainnya yang elegan. Pecinta otomotif khususnya pemilik BMW E36 Coupe boleh senang, lantaran banyak cara untuk membuat tampilan mobil Anda semakin menarik. Salah satunya dengan memasang sunroof yang menambah penampilan layaknya BMW era 2000 keatas.

Tri, pemilik bengkel Tri Jaya Motor di Setu Cipayung Jaktim yang merupakan bengkel yang siap service mobil bermerk BMW berbagi beberapa tips, "BMW seri 80 an sampai 2000 keatas biasa kami tangani. Selain service, kami juga melayani stroke up kapasitas mesin. Ada juga klien yang meminta mengganti mesin dari 4 silinder menjadi 6 silinder, kebutuhan mereka untuk drag dan acara komunitas."

Saat ditemui di bengkelnya, terlihat sebuah mobil BMW E36 yang sedang di stroke up dari 2000cc ke 2500cc. Selain itu mobil tersebut juga dicat ulang karena pemilik ingin menginstall sunroof di BMW E36. Bagian atap harus dipotong sesuai ukuran yang diperlukan. Karena pengerjaan cukup rumit, Tri mengaku mengirim mobil tersebut ke Pondok Cabe.

"Awalnya dilakukan pemotongan sasis bagian atas dengan cara pengelasan secara detail dan rigid. Pengelasan butuh orang yang tekun dan hati-hati," jelasnya. Setelah lubang sunroof jadi, baru diinstallkan dan dilakukan pendempulan serta pengecatan bodi.

Dalam instalasi sunroof, bagian motor ditempatkan di atas dekat windshield. Kemudian menghubungkan kabel masa dan strum ke kontak. Untuk pengoperasiannya bisa menggunakan saklar power windows dan meletakkan saklar di bagian atap atau tempat lain yang dikehendaki. Selain itu penginstalan kelistrikan juga harus  diintegrasikan dengan modul elektronik milik E36, agar tombol berfungsi dengan pola one touch seperti karakter BMW.

Menurut Tri, butuh lima bulan untuk stroke up mesin, instalasi sunroof dan pengecatan body. Biaya instalasi sunroof saja membutuhkan dana sekitar Rp10 juta. Bengkel Tri Jaya Motor beralamat di jalan Setu No.36 Kel.Setu Kec.Cipayung Jakarta Timur. [Ahs/TimBX]

Tags :

#
bmw e36,
#
tips