MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Merawat Kendaraan di Masa Hibernasi

NOV 19, 2020@14:30 WIB | 174 Views

Masih dalam situasi pasca pandemi yang menahan gerak bebas Anda, kendaraan roda dua kesayangan terpaksa harus hibernasi untuk waktu cukup panjang. Seandainya tunggangan terpaksa mendekam di garasi selama enam bulan, dapat diprediksi itu tidak akan pernah sama! Bukannya berakhir baik, kendaraan Anda justru bisa rusak apabila tidak digunakan selama itu. Ban bisa kempes dan tidak berbentuk, bahan bakar dalam tangki bisa rusak, dan baterai akan habis.

Maka tak ada salahnya, Anda mengambil langkah bijak dengan mempelajari cara perawatan kendaraan selama hibernasi. Berikut rangkumannya.

1. Servis

Sebelum memutuskan mendiamkan kendaraan untuk waktu lama, pastikan Anda melakukannya setelah servis menyeluruh. Beberapa sepeda memerlukan servis tahunan, dan servis tersebut mungkin jatuh tempo selama karantina. Minimal, Anda harus berpikir untuk mengganti oli dan filter.

Namun, bila tidak sempat melakukannya, sebagian bengkel membuka jasa penjualan dan layanan kepada pelanggan. Mereka menawarkan penjemputan dan pengiriman gratis, sehingga Anda tak melanggar isolasi rumah.

2. Baterai

Apabila Anda tidak memiliki baterai litium cadangan, Anda harus meletakkan baterai sepeda motor pada pengisi daya yang menetes. Sementara ada pula yang lebih suka mengeluarkan baterai dan memulainya nanti. Jika ya, Anda perlu bersepeda setidaknya setengah jam dengan throttle konstan untuk mengisi ulang baterai.

3. Bahan Bakar

Pastikan untuk tidak menguras bahan bakar. Jika uap air masuk ke tangki logam, ini akan menyebabkan korosi. Sebaliknya, tinggalkan sedikit bahan bakar di dalam tangki dicampur dengan bahan bakar tambahan, seperti Fuel Stabilizer dari Motorex.

4. Ban

Membiarkan motor berdiam di satu tempat selama beberapa bulan dapat mengakibatkan rusaknya ban Saat ban secara bertahap kehilangan tekanan, dinding sampingnya akan berubah ketika menyentuh lantai garasi. Jika dibiarkan, ini akan jadi kerusakan permanen.

Maka, pastikan Anda memompa ban tinggi-tinggi dan melakukan pengecekan rutin beberapa minggu. Dan akan lebih baik apabila Anda meletakkan motor pada penyangga tengah atau penyangga paddock yang akan mengurangi sebagian besar tekanan ban.

5. Hangat

Melihat kendaraan akan berdiam berbulan-bulan di musim dingin, maka pastikan menyelimutinya dengan bahan yang menyerap kelembapan. Alih-alih menggunakan pelindung hujan yang umum dijual, cobalah seprai atau selimut tua. Pastikan pula untuk menyemprot bagian logam kendaraan dengan penghambat korosi.

6. Riding Gear

Selain kendaraan, jangan lupa untuk memperhatikan perlengkapan berkendara yang ikut berlibur panjang. Bersihkan dengan baik dan simpan di lemari kering, untuk mencegah jamur. Masuk helm ke dalam tas helm dan dengan sedikit naftalena untuk mengusir kelembapan. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips merawat kendaraan,
#
tips merawat motor,
#
cara merawat motor,
#
hibernasi

RELATED ARTICLE