MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Menjaga Performa Ban Kendaraan Secara Singkat dan Cepat Saat Mudik

JUN 28, 2016@15:00 WIB | 1,913 Views

Jelang Hari Raya Idul Fitri 2016, tradisi unik pulang ke kampung halaman atau mudik diprediksi akan terasa euforianya mulai pekan ini. Berbagai persiapan pun mulai dilakukan, terutama bagi Anda yang hendak bepergian menggunakan kendaraan pribadi. Servis rutia dan pengecekan mesin serta komponen lain kendaraan menjadi hal wajib yang harus dicek, tak terkecuali ban.

Terkait dengan musim mudik Lebaran 2016 ini, kami mencoba memberikan tips sederhana mengenai persiapan untuk ban kendaraan Anda. Berikut langkah-langkah sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri:

1. Pengecekan ketebalan ban menjadi poin utama yang wajib Anda cek sebelum bepergian. Jika memang sudah ada yang kondisinya tidak layak atau gundul, segeralah ganti ban Anda dengan yang baru.

2. Lakukan pengecekan perputaran roda dan kondisi kesamaan posisi keempat roda, dengan melakukan spooring dan balancing. Tentu ini sangat berfungsi untuk keawetan ban dan mencegah ban dari kondisikeausan yang tidak merata. 

3. Cek tekanan angin sebelum Anda melakukan perjalanan, terutama sebelum Anda memasuki jalan tol. Pastikan tekanan angin sesuai dengan rekomendasi dari pihak pabrikan masing-masing kendaran.

4. Cara terakhir yang cukup sederhana Anda bisa mempersiapkan sebuah produk dalam kendaraan Anda yang berfungsi untuk membantu ketika dalam kondisi ban bocor karena paku.

Ini bisa digunakan untuk pengendara motor ataupun mobil. Saat ini sudah tersedia sebuah produk bernama IML. IML Super Tyre Sealant memiliki keunggulan cairan tidak menggumpal, memiliki Ph ideal sehingga tidak mengikis velg, cara penggunaanya sangat mudah sedangkan untuk mebersihkan cukup dibilas dengan air ketika mengganti ban. 

Produk cairan IML Super Tyre Sealant hadir dalam dua pilihan untuk kendaraan yaitu sepeda motor dan mobil. IML Super Tyre Sealant dalam kemasan botol warna abu-abu untuk ban sepeda motor kemasan 350 ml dijual dengan harga Rp. 27.000,-  dan kemasan 500 ml dengan harga jual Rp. 33.000,-  . Sedangkan IML Super Tyre Sealant kemasan botol hitam 500 ml untuk ban mobil dipasarkan dengan harga Rp. 85.000,-.

IML Super Tyre Sealant untuk mobil sudah diuji menggunakan berbagai jenis mobil sehingga aman dan tidak mempengaruhi spooring dan balancing serta aman terhadap sensor ban, stir tidak getar pada saat berkendara pada kecepatan tinggi. Cara menggunakan IML Super Tyre Sealant adalah setelah angin dikeluarkan semua dari ban, kocok dahulu agar kekentalan cairanya merata kemudian masukkan melaui lubang pentil. Pompa ban hingga tekanan angin sesuai petunjuk penggunaan. [nus/timBX]
 

Tags :

#
mudik 2016,
#
idul fitri,
#
autotips,
#
tips,
#
tips mudik