MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Membeli Mobil Baru dan Bekas

MAY 10, 2021@16:00 WIB | 1,633 Views

Ingin beli mobil baru atau bekas? Semuanya perlu persiapan yang matang, tak hanya dana tetapi juga tips dan trik menemukan yang tepat untuk Anda.  Kalau tak mau repot, cukup Anda lemparkan kepercayaan itu pada dealer dan mereka akan menemukan untuk Anda.  

Namun sebelum Anda melancarkan niat untuk membeli mobil baru atau bekas, ada baiknya untuk mencari saran dalam mencari kendaraan. Singkatnya – luangkan waktu untuk riset, dan jangan terburu-buru mengambil keputusan. Berikut tips untuk Anda:

Tetapkan Anggaran

Tips terpenting yang perlu diingat saat membeli mobil adalah memutuskan anggaran dan mematuhinya. Tips ini bukan untuk mengatakan bahwa seseorang tidak dapat berubah pikiran, tetapi penting untuk mendapatkan mobil yang membuat Anda senang, dan meminimalkan resiko tertipu membeli mobil dengan anggaran lebih dari yang Anda siapkan.

Tentu saja tak hanya membicarakan pembayaran bulanan jika Anda memilih membeli mobil secara kredit. Atau tak hanya fokus pada biaya total kendaraan jika Anda membelinya secara kontan (cash).

Negosiasi tentang pembayaran juga dapat membuat Anda membelanjakan lebih banyak uang. Agen penjualan berpengalaman akan menanyakan anggaran bulanan Anda di awal negosiasi, lalu mungkin menanyakan “hingga… ..?” Jika Anda memberi tahu dengan angka yang lebih tinggi, otomatis Anda memberi mereka lampu hijau untuk mencoba dan menjual mobil yang lebih mahal kepada Anda.

Satu hal penting lainnya: jangan lupa bahwa pembayaran bulanan bukan sekadar penggandaan pembayaran dua mingguan, jadi lakukan perhitungan yang cermat.

Pertimbangkan pertanyaan cerdik para agen penjualan agar Anda tak menghabiskan anggaran.

Tips Membeli Mobil Baru

Ketika Anda menetapkan anggaran, maka sekarang saatnya untuk benar-benar berbelanja mobil yang baru, dengan banyak pilihan model dan warna persis seperti yang Anda inginkan.

Untuk menjadi pembeli yang cerdas, lebih baik Anda membuat daftar kendaraan kompetitif dan mengunjungi situs web produsen terlebih dahulu, sebelum mengunjungi dealer. Banyak situs yang menyajikan inventaris, sehingga memungkinkan pelanggan untuk mencari merek dan model tertentu, sekaligus menyaring hasil berdasarkan keinginan. Setelah itu, catatlah mobil yang Anda inginkan berikut dealernya.

Karena dalam keadaan pandemi, saat ini banyak delar yang mau bekerja jarak jauh dengan pelanggan. Jadi, Anda bisa menanyakan tentang test drive jarak jauh, melihat mobil di rumah Anda, dan bahkan menyelesaikan sebagian besar dokumen secara digital.

Jika Anda tinggal di suatu tempat di mana ada bertebaran dealer, tentu ini adalah keuntungan untuk membandingkan harga dan aspek lain sebelum memutuskan untuk membeli.

Tips Membeli Mobil Bekas

Salah satu keuntungan untuk membeli mobil bekas adalah lebih murah daripada mobil jenis baru yang setara. Jadi, ketika Anda menemukan kendaraan berusia satu atau dua tahun dalam kondisi baik dengan jarak tempuh yang rendah, ini adalah tiket emas buat Anda yang menginginkan mobil model baru tanpa memusingkan harga.

Salah satu tips ketika Anda membeli mobil bekas, tetapi masih dalam masa garansi pabrik, maka pastikan untuk menanyakan tentang tanggal Dalam Layanan. Contohnya model 2019 dengan garansi pabrik tiga tahun, itu mungkin awalnya dijual dengan sangat baik pada Mei 2018, yang berarti cakupan garansi hampir habis. Namun di sisi lain, kemungkinan itu adalah model sisa yang tidak digunakan hingga tahun 2020, sehingga membuat garansi berlakunya sampai tahun 2023.

Mobil bekas ringan biasanya inisiatif di mana dealer mobil baru memilih untuk menjual beberapa kendaraan bekas yang umumnya berumur satu atau dua tahun, dengan jarak tempuh sangat sedikit. Meski mesin mobil dalam perawatan, tetapi saat Anda membelinya Anda harus memastikan mesin dalam kondisi yang baik.

Mobil bekas yang dijual oleh banyak toko mobil bekas atau dijajakan oleh perorangan. Anda harus meminta tolong mekanik kepercayaan Anda untuk memastikan mesin dalam kondisi yang layak. Ini adalah cara yang bagus untuk mempelajari sebanyak mungkin tentang kondisi mobil bekas sebelum membelinya. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
tips beli mobil baru,
#
tips beli mobil bekas,
#
cara beli mobil bekas,
#
cara beli mobil bari,
#
tips pengemudi