MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Gunakan Tipe Ban dan Pelumas Untuk Mobil Hobi SUV

OCT 23, 2022@15:00 WIB | 445 Views

Trend SUV cukup diminati dengan termasuk dengan fitmen ban yang sesuai untuk kebutuhan harian atau fun adventure. BFGoodrich sebagai produk ban dengan kebutuhan offroad, onroad hingga kompetisi. Mulai dari ekstrem 4x4, sport harian, klasik serta dunia balap, BFGoodrich selalu mengembangkan produk untuk kebutuhan segmen SUV untuk kebutuhan daily atau hobbies. 

Selain fitmen ban yang mumpuni, kondisi mesin juga menjadi perhatian. Maka titik temu antara performa mesin dan fitment kaki-kaki mempertemukan dua komunitas mobil pecinta SUV, salah satunya Terios-Rush, Honda HRV dan Suzuki Jimny. Kehadiran brand seperti BFGoodrich model Advantage Touring - dengan brand oli Pertamina Fastron  mengangkat tema menarik Build Your Adventure. BFGoodrich sendiri merupakan brand premium dari Michelin.

Dalam kesempatan sharing session, PTPL memberikan tips and tricks seputar penggantian oli dan cara memilih oli yang tepat dan sesuai dengan spesifikasi mesin mobil. 

“Lubricant atau pelumas menjadi komponen penting dan berkontribusi terhadap perfoma mesin kendaraan. Penggantian oli diharuskan saat putaran mesin di 10.000 KM. Penggunaan oli dengan SAE yang tepat memberikan positif pada kendaraan. Maka pilihlah oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi mobil dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil yang tertera pada manual book. Dan pastinya, selalu membeli oli di outlet-outlet resmi dan terpercaya agar terhindar dari penggunaan oli palsu,” ungkap Junior Tech. Spec. HSD Eng. Oil PTPL Brahma Putra Mahayana. 

Selain itu, Brahma juga menyampaikan penggunaan oli antara mobil lama dan mobil baru dimana kebutuhan pelumas pada mobil lama cenderung membutuhkan viskositas yang lebih kental. Hal ini dikarenakan semakin lama pemakaian kendaraan, maka celah antar komponen mesin biasanya akan berubah menjadi lebih renggang. 

“Karena terjadinya gesekan mekanikal ketika kendaraan digunakan, maka celah tidak lagi rapat seperti mobil baru. Jika menggunakan oli dengan viskositas yang rendah atau encer pada mobil lama maka akan terdengar suara kasar pada mesin karena oli tidak dapat melumasi dengan baik dan berisiko mengganggu sirkulasi Pelumas,” tambahnya disela-sela kongkow Komunitas Mobil bersama Pertamina Lubricant dan BFGoodrich 23 Oktober 2022 di Senayan Park.

Pertamina sudah mempersiapkan beberapa produk untuk all varian mobil dengan kemampuan SUV.  Mulai dari mobil LCGC atau city car hingga berkemampuan offroad.  Masyarakat bisa menggunakan Fastron EcoGreen yang dirancang khusus untuk mobil perkotaan seperti Low Cost Green Car (LCGC). Bagi yang memiliki mobil dengan teknologi mesin modern juga bisa menggunakan Fastron Gold dan Fastron Platinum. 

Mobil berusia di atas 5 tahun dapat menggunakan Fastron Techno dan bagi masyarakat yang memiliki mobil mesin diesel modern dapat menggunakan Fastron Diesel. Tak ketinggalan juga Pelumas Fastron Platinum yang diformulasikan khusus untuk mobil performa tinggi atau memang diperuntukkan untuk ajang balap. 

"Fastron Series dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan mesin mobil. Bukan saja memenuhi standardisasi API SN, Fastron juga dilengkapi dengan teknologi NanoGuard yang dapat melindungi mesin mobil secara maksimal," tutup Brahma.  

Sedangkan BFGoodrich dirancang dengan pola tapak baru yang dinamis untuk memberi Anda tampilan dan performa pada tipe Advantage Touring. Desain tapak asimetris non-directional dengan tapak yang dioptimalkan komputer mengurangi kebisingan kabin interior untuk pengendaraan yang mulus, terutama dalam dimensi SUV.  BFGoodrich sudah banyak digemari untuk mobil hobby SUV 4x4 seperti Jimny JB-73 dan JB-74, untuk varian all terrain dan mud terrain.[Ahs/timBX]


 

Tags :

#
bfgoodrich,
#
pelumas fastron,
#
komunitas mobil hobi,
#
michelin,
#
tips pelumas buat suv

RELATED ARTICLE