MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Bersihkan Mesin Mobil Anda

MAR 15, 2018@17:00 WIB | 379 Views

Black Pals, tips  dari Blackxperience.com kali ini, mengajak Anda menyisihkan waktu untuk mengecek mesin mobil Anda. Meskipun kenyataannya kemungkinan cukup kecil ada ranting ataupun dahan pohon yang masuk ke ruang mesin mobil. Setidaknya Anda mengetahui kemungkinan ada benda asing yang bisa saja menutupi saluran pembuangan atau terjebak dalam mekanisme wiper.

Radiator mobil yang dipasang dalam kap mesin memang diposisikan sedemikian rupa untuk melindungi bagian mesin yang lebih halus. Namun setidaknya sesekali untuk mengecek kondisi mesin anda, apalagi jika mobil tersebut sering dipakai. So Black Pals, ini tips membersihkan mesin:

  1. Pastikan mesinnya dingin. Anda tidak hanya bisa melukai diri sendiri jika bekerja dengan mesin yang panas, tapi pembersih dan air bisa menyebabkan kerusakan parah pada mesin. Pastikan mesin dingin sebelum Anda mulai.
  2. Pilih pembersih Anda.Lepaskan cabang, daun, dan kotoran yang ada di mesin. Anda bisa menggunakan pembersih khusus kompartemen mesin. Bisa juga gunakan pencuci piring. Gunakan alat ringan seperti sikat gigi bekas, dan kain katun untuk menghilangkan bekas oli.
  3. Bilas dengan hati-hati.Jangan ikuti orang lain yang menyemprotkan air dengan deras ke kompartemen mesin. Hal itu akan menyebabkan kerusakan pada komponen listriknya. Bilas secara perlahan, dan waspada akan air masuk ke dalam mesin. Gunakan plastik untuk menutup komponen listrik.
  4. Pengeringan. Keringkan secara menyeluruh setelah membilas mesin. Keringkan semua sampai tidak ada sisa air di kompartemen mesin. Setelah dikeringkan, coba hidupkan mobil, agar panas di mesin bisa mengeringkan sisa air.
  5. Ingat baterai mobil.Meskipun perawatan baterai bukan dari kebersihan mesin, penting juga membersihkan secara teratur. Minimal kedua terminal baterai harus diputuskan. Ujung kabel dan baterai disikat dengan sikat kawat. Kemudian bilas perlahan dengan cara di lap. Lebih baik lagi, jika bahan yang digunakan adalah campuran baking soda dan air. [pram/timbx]

Tags :

#
auto tips,
#
mesin,
#
mesin mobil