MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Berkendara Mobil yang Menghemat Bahan Bakar

FEB 12, 2017@20:00 WIB | 1,381 Views

Kebanyakan pengemudi mobil  tidak menghiraukan beberapa hal dasar yang seharusnya menjadi dasar pengetahuan setiap pengemudi.  Berikut ini ada tips bagi pengendara mobil agar konsumsi bahan bakar menjadi  normal dan tidak boros :

  • Latih Kaki Kanan Anda

Setiap driver harus memiliki skill mengemudi secara halus. Artinya kaki kanan Anda harus semakin  lincah menekan gas secara halus dan berlahan. 

Seperti mobil Toyota dan Honda misalnya, biasanya memiliki pengaturan Eco, Anda akan melihat respon throttle  dalam mode tertentu secara signifikan.  Tentunya kelincahan kaki kanan Anda akan menghindari jack-rabbit  saat start, dimana pedal gas macet ke lantai, dan  mobil melonjak kedepan, serta bahan bakar terbuang.

  • Kurangi Muatan Mobil Anda

Hal terpenting kedua, bagaimana mobil tersebut tidak banyak beban lebih yang menumpuk di bagasi atau area kargo Anda.

Jadi bawa barang anda sesuai kebutuhan, dan hindari barang yang tidak diperlukan, agar konsumsi bahan bakar mobil menjadi efisien.

  • Cek berkala mesin mobil anda.

Bayangkan mesin mobil Anda sebagai salah satu pompa udara besar. Semakin efisien pompa tersebut, akan mudah mendapatkan pasokan oksigen.

Kebutuhan oksigen telah menjadi bagian penting dalam desain pembakaran internal mesin.  Tentunya butuh akan filter udara yang selalu bersih.  Filter udara seyogyanya diperiksa setiap ganti oli, karena perawatan filter yang berkala cukup efisien mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak normal.

  • Pastikan Tekanan Angin Ban Sesuai dengan Spesifikasi Pabrikan.

Aturan sederhana mengenai tekanan angin ban.  Tekanan angin yang berlebih mengakibatkan mobil tidak center dengan ban, sementara ban akan cepat aus dalam waktu tertentu. 

Sebaliknya kurangi tekanan ban sesuai aturan produsen ban adalah cara efisien agar bahan bakar mobil terkonsumsi secara wajar.  EPA memperkirakan bahwa 1 pound per square inch penurunan tekanan ban dari angka pabrik, akan menurunkan jarak tempuh 0,3 persen.  Sebaliknya dengan tambahan tekanan sesuai pabrikan, akan menambah kemampuan diferensial 1-2 mil per galon, dan ini dapat menambah efisiensi selama satu tahun. [Ahs/TimBx]

Tags :

#
tips,
#
tips hemat bahan bakar,
#
autotips