MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Berkendara Layaknya Green Car

MAR 10, 2018@14:00 WIB | 189 Views

Bermimpi menjadi pengemudi ramah lingkungan sepertinya tidak susah bagi pemilik mobil tua sekalipun. Perawatan rutin menjadi salah satu langkah positif agar mobil anda menjadi mobil ramah lingkungan. Namun, ada beberapa tips agar mobil anda menjadi mobil ramah lingkungan.

1. Jaga Performanya Optimal Kendaraan


 

Kuncinya adalah pemeliharaan mesin. Pemeliharaan mesin akan menjaga performa mesin lebih teratur, dan membakar lebih sedikit gas sehingga mengurangi pencemaran.Caranya dengan pemeriksaan busi, mengganti saringan bahan bakar dan mengganti sistem pengapian atau sistem emisi jika diperlukan.

2. Bijak Dalam Mengemudi

Mulailah memacu mobil anda dengan perlahan, serta mengerem perlahan-lahan. Jangan selalu memacu kendaraan anda dengan kecepatan tinggi, apalagi jika menginjak pedal gas secara penuh dan sering. Atur suhu AC atau pengkondisi udara seperlunya. Penggunaan AC yang terlalu dingin, akan menyedot bahan bakar, dan tenaga mobil yang dipakai juga harus besar.

3. Jangan Membawa Barang Terlalu Banyak

Semakin banyak barang bawaan, semakin berat juga tenaga kendaraan yang diperlukan. Hal ini tentu saja mengeluarkan emisi yang tinggi, dan juga bahan bakar yang banyak.

4. Cek Kondisi Ban

Ini berkaitan dengan penggunaan mesin mobil juga. Tekanan angin ban yang kurang, akan menyebabkan pemakaian mesin yang berat. Saat ini pabrikan ban mobil juga sudah meluncurkan ban yang dapat menghemat bahan bakar.

5. Gunakan Bahan Bakar Oktan Tinggi

Memang harga bahan oktan tinggi sangat mahal. Sebut saja Pertamax, atau Pertamax Plus. Namun dampak positifnya sangat banyak, terlebih lagi jika pengendara ingin menjadi pengendara “green car”. Bahan bakar dengan oktan tinggi memiliki zat aditif yang berfungsi membersihkan injektor bahan bakar atau karburator serta inlet valve, sehingga ruang bakar tetap bersih. Selain itu, dengan tingkat oktan yang tinggi proses pembakaran lebih sempurna dan tingkat polutan yang dihasilkan juga kecil. [Pram/timBX]

Tags :

#
autotips,
#
green car,
#
merawat mobil