MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Aman Berkendara Ketika Touring Bersama Komunitas

JUL 31, 2019@18:00 WIB | 773 Views

Di tengah kesibukan dan rutinitas pekerjaan yang terkadang membuat kita merasa jenuh dan bosan, berkumpul bersama rekan-rekan komunitas menjadi salah satu cara untuk mengusir rasa jenuh sekaligus mencari pengalaman menarik dan mengesankan, termasuk diantaranya komunitas otomotif. Tak jarang, anggota sebuah komunitas akan menyempatkan waktunya untuk sekedar berkumpul untuk kopi darat, hingga melakukan kegiatan memakan waktu lebih lama seperti touring bersama.

Salah satu komunitas otomotif yang sudah lama terbentuk dan telah dikenal secara luas di tanah air, Komunitas Trailblazer Indonesia (TBZI) tak ketinggalan secara berkala juga melakukan kegiatan touring bagi para anggotanya, salah satunya adalah yang diadakan pada tanggal 29-30 Juni lalu, bertempat di Pantai Anyer. TBZI, yang merupakan wadah bagi para pecinta Chevrolet untuk mempererat keakraban dan berbagi pengalaman seputar kendaraan, membagi beberapa tips yang diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan pada saat touring bersama komunitas.

Berbeda dengan berkendara secara tunggal atau sendirian, berkendara dalam rangkaian membutuhkan kewaspadaan yang lebih untuk menjaga keamanan saat berkendara (safety driving). Apabila berkendara sendiri, prioritas utama adalah keselamatan diri sendiri dan penumpang. Namun lain halnya jika Anda berkendara bersama komunitas, dimana Anda dituntut untuk dapat bekerja sama dengan anggota lainnya. Berikut tips yang dapat dijadikan sebagai panduan untuk mengadakan kegiatan touring bersama komunitas:

1. Periksa kondisi kendaraan Anda

Terlepas dari cara mengemudikan kendaraan, penting bagi seorang pengendara untuk mempelajari hal dasar seperti memeriksa kondisi kendaraan sebelum bepergian, misalnya:

  • Memeriksa kondisi kendaraan seperti lampu, oli, rem, ban dan air wiper. Selain itu, jangan lupa memeriksa kondisi ban cadangan.
  • Pastikan bahan bakar penuh dan tidak habis sampai dengan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) berikutnya.
  • Memeriksa apakah ada cairan yang berasal dari kebocoran pada salah satu komponen kendaraan.
  • Persiapkan nomor layanan yang dapat dihubungi saat darurat termasuk layanan derek mobil.

2. Rencanakan Rute yang Akan Dilalui

Cek rute perjalanan Anda untuk memastikan tempat pemberhentian penting yang mungkin diperlukan, seperti tempat peristirahatan, SPBU untuk mengisi bahan bakar dan bengkel untuk keadaanemergency. Anda juga bisa memanfaatkan fitur petunjuk arah (GPS) untuk memastika bahwa Anda tetap berada di arah yang benar.

Mobil Trailblazer dilengkapi dengan teknologi dan konektivitas meliputi sistem infotainment MyLink terbaru, yang dapat tersambung dengan Apple CarPlay maupun Android Auto. Fitur ini dapat menyediakan konektivitas dengan peta-peta digital seperti Google Maps dan Waze yang dapat membantu pengemudi memberikan panduan rute yang dibutuhkan. Cukup sambungkan ponsel iPhone atau Android Anda pada USB port yang tersedia, Anda langsung terkoneksi dengan fitur-fitur diatas.

3. Siapkan Barang Bawaan

Rencanakan barang-barang bawaan Anda untuk memastikan segala kebutuhan dalam perjalanan dapat terpenuhi dan kabin serta bagasi tidak penuh sesak dengan barang-barang yang tidak diperlukan. Beberapa perangkat seperti power bankcharger ponsel mobil, lampu senter, cable jumper serta kotak P3K sangat diperlukan terutama dalam keadaan darurat. Jangan lupa untuk menyiapkan tali pengikat bagasi, agar barang pada bagasi Anda tidak bergeser dan mengganggu konsentrasi. Juga sediakan cemilan atau makanan ringan sebagai teman perjalanan dan pengganjel di saat lapar namun jarak perjalanan masih jauh menuju rumah makan terdekat.

Chevrolet Trailblazer memiliki interior luas yang dapat menampung hingga tujuh penumpang beserta perlengkapannya. Kabin yang lapang menjadi keunggulan utama dari Trailblazer. Terdapat 235 liter ruang kargo di bagian paling belakang dalam kondisi kursi terpasang; 878 liter dengan kondisi kursi baris ketiga terlipat 50/50 split; serta 1.830 liter ruang kargo dengan 60/40 kursi baris kedua dan baris ketiga terbelah.

4. Tertib Lalu Lintas

Kegiatan touring biasanya melibatkan konvoi kendaraan dalam jumlah banyak. Maka, sangat penting untuk tetap menjaga rangkaian, namun tetap harus mengutamakan peraturan lalu lintas agar tidak mengganggu kenyamanan dari pengguna jalan yang lainnya. Selain itu, rangkaian di depan sebaiknya menunggu anggota lain yang terputus karena lampu merah.

5. Pastikan Komunikasi Lancar

Berkonvoi dengan mobil memerlukan kemampuan berkendara secara teratur dan tertib selama di jalan dan pastinya sesuai dengan rangkaian acara touring yang sudah disusun. Untuk menjaga kondisi teratur tersebut, menjaga komunikasi tiap kendaraan anggota menjadi aspek penting, termasuk navigasi dan koordinasi dalam perjalanan agar waktu menuju lokasi tujuan sesuai dengan susunan rangkaian acara.

Fitur MyLink yang telah disematkan pada Chevrolet Trailblazer juga dilengkapi dengan Siri Eyes Free dan software pengenal suara, pengemudi dapat memberikan perintah verbal termasuk untuk melakukan panggilan telepon, sehingga tidak perlu melepas tangan dari kemudi.

6. Berhenti di Titik yang Telah Ditentukan

Selama perjalanan jarak jauh, ada banyak hal yang bisa merepotkan pengendara seperti buang air kecil atau mengisi bahan bakar. Karena itu, panitia harus menentukan titik lokasi pemberhentian seperti di tempat ibadah dan SPBU.

"Kami selaku komunitas selalu memperhatikan aspek keselamatan berkendara, terutama ketika melakukan kegiatan touring. Oleh karena itu, pembekalan keselamatan berkendara pada anggota selalu kami terapkan sejak masa persiapan hingga selama aktivitas touring berlangsung. Kami berharap, kami dapat memberikan contoh yang baik pada masyarakat dan komunitas otomotif lainnya," ucap Budi Harnata, salah satu anggota TBZI.

Sementara itu Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs & Communications Director GM Indonesia mengungkapkan “Chevrolet Trailblazer adalah kendaraan SUV 7-seateryang memiliki fitur terbaik, dilengkapi dengan teknologi terkini, seperti sistem infotainment MyLink dan fitur keamanan yang terbaik di kelasnya yang dipastikan akan memberikan sensasi  tersendiri saat berkendara. Selain itu, untuk mendukung keselamatan selama berkegiatan touring komunitas, Anda dapat mengandalkan bantuan yang bermanfaat dari fitur keselamatan aktif Trailblazer, seperti Lane Departure WarningSide Blind Zone AlertRear Cross Traffic Alert dan Forward Collision Alert”.[Ahs/timBX]

Tags :

#
tips konvoi

RELATED ARTICLE