MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips & Trik Rawat Motor Di Musim Hujan Agar Bebas Mogok Tetap Aman Dan Nyaman

FEB 16, 2022@12:00 WIB | 400 Views

Beberapa waktu ini mulai masuk musim pancaroba yang cenderung intensitas hujan yang lebih sering. Tak menutup kemungkinan juga kalian terguyur hujan saat diperjalanan atau malah terpaksa melanjutkan perjalanan dengan motor karena suatu hal.

Rupanya motor kesayangan juga perlu dirawat dan diperhatikan kondisinya loh. Selain agar terhindar dari mogok, memperhatikan kondisi motor juga bisa bikin perjalanan makin aman, nyaman dan percaya diri karena kondisi motor selalu fit dan anti karat. Ini dia tips dan trik rawat motor di musim hujan yang tim BX berhasil rangkum.

1. Rutin membersihkan motor

Cara yang paling sederhana yang bisa kalian lakukan untuk merawat motor di musim hujan adalah rajin membersihkan atau mencuci motor. Terlebih saat habis terguyur hujan, sebabnya kandungan zat asam pada air hujan berpotensi mengurangi kilau cat motor dan menimbulkan karat dibeberapa bagian motor.

Jika memang kalian tidak sempat atau tak memungkinkan mencuci motor, setidaknya kalian mengguyur dan menyiram seluruh motor dengan air bersih ya.

2. Perhatikan kondisi ban

Hal satu ini sangat penting di musim penghujan. Kalian wajib periksa kondisi ban terutama alur atau batik ban motor yang langsung bersentuhan dengan aspal.

 Jika ban motor mulai botak, segeralah ganti dengan ban baru karena dapat mengakibatkan potensi slip dan kecelakaan lebih besar.  Begitu juga dengan tekanan angin ban, usahakan tekanan angin pas sesuai kebiasaan anda berkendara misal sendiri atau berboncengan.

3. Memastikan kondisi rantai

Sama halnya seperti point nomer satu, air hujan yang menyiram bagian dalam motor akan menimbulkan karat, salah satunya bagian rantai. Apalagi jika motor kalian tak menggunakan penutup rantai yang bikin rantai rentan karatan akibat air hujan. Caranya cukup sederhana, selalu pastikan tingkat kekencangannya dan jangan lupa melumasinya dengan grease atau gel khusus rantai.

Air hujan yang mengguyur bagian dalam motor maka akan menimbulkan karat, khususnya pada rantai motor. Terlebih jika motor Anda tidak menggunakan penutup rantai, hal ini akan membuat rantai motor Anda rentan terkena karatan akibat air hujan. Untuk itu, sebagiknya Anda mengencangkan kembali setelan rantai motor anda dan pastikan tidak lupa untuk dilumasi dengan grease khusus rantai.

4. Cek sektor pengereman mulai dari kampas rem, diskbrake dan minyak rem

Sektor pengereman pun sama pentingnya dengan ban karena langsung tersambung dengan tenaga mesin dan kondisi jalan. Pastikan anda selalu mengecek kondisi kanvas rem dan kondisi cakram tak karatan. Jangan lupa cek minyak rem  dan mengguyur sektor pengereman setelah hujan agar kanvas yang terbuat dari asbes ini tak gelembung bahkan mengeras.

5. Rutin cek kondisi busi motor

Meski berukuran kecil, busi salah satu komponan penting dalam fungsional mesin motor. Terlebih di musim hujan yang rentan menyebabkan air masuk ke dalam kop dan daerah sekitar busi.

Agar pengapian motor anda tetap terjaga dan normal, alangkah baiknya kalian rutin membersihkannya dengan cara mencabut kop atau karet penutup busi kemudian tiup atau dibersihkan dengan lap. Cara kedua dengan rutin membersihkan busi, buka busi lalu gosok perlahan dengan sikat yang sudah dibasahi bensin. Karena jika busi motor basah atau kotor maka akan menghambat pengapian motor ketika dinyalakan. [aziz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
auto tips,
#
tips motor,
#
rawat motor,
#
musim hujan