MENU
icon label
image label
blacklogo

Tanda Fuel Pump Motor Injeksi Jadi Lemah

APR 17, 2019@09:20 WIB | 599 Views

Fuel pump di motor injeksi punya fungsi penting dan sangat vital. Karena fuel pump ini yang mendistribusikan bensin sesuai dengan porsinya ke injektor. Selain itu fuel pump juga berfungsi untuk menjaga tekanan dari bensin agar tetap tinggi.

Dilansir dari Wahana Honda, ada kalanya fuel pump ini melemah dan menyebabkan tekanan bensin menjadi lemah. Alhasil bensin tidak bisa terdistribusi secara maksimal. Dan pastinya pembakaran gak akan bisa optimal sehingga mempengaruhi kinerja motor itu sendiri. Para pemilik motor wajib tau bagaimana tanda fuel pump motor yang mulai melemah, sebelum nantinya mati total. Apa saja tandanya?

1. Motor Sedikit Susah Untuk Dinyalakan

Dalam kondisi normal, motor injeksi akan langsung nyala ketika electric starternya ditekan. Hal ini didukung oleh fuel pump yang memompa bensin secara otomatis saat kontak motor ON. Jadi hampir bisa dipastikan ada yang tidak beres pada fuel pump saat motormu tidak bisa nyala dalam sekali pencet electric starter. 

2. Suara Dengungan Jadi Pelan

Seperti yang sudah dikatakan di atas, saat kontak motor ke posisi ON, fuel pump akan langsung memompa bensin secara otomatis. Saat itu pula akan terdengar dengungan dari fuel pump. Kecurigaanmu harusnya meningkat ketika dengungan itu terdengar lebih lirih daripada biasanya. Bisa jadi memang fuel pump motor sedang bermasalah dan sedang dalam kondisi lemah. 

3. Lampu Indikator Berkedip

Pertanda yang paling jelas adalah adanya kedipan pada check engine lamp. Sudah jelas kalau ada masalah yang terjadi pada motor jika check engine lamp berkedip. Tentunya kalau lampu ini berkedip dan disertai kedua gejala diatas, maka sepertinya sudah jelas kalau fuel pump motor minta diservis.[prm/timBX]

Tags :

#
autotips,
#
wahana honda,
#
astra honda motor,
#
fuel pump,
#
motor injeksi