MENU
icon label
image label
blacklogo

Tahu Lebih Banyak tentang Pembersih Injektor Mobil

DEC 10, 2020@11:30 WIB | 573 Views

Pernahkah Anda mendengar injektor bahan bakar kotor sehingga perlu dibersihkan? Jelas saja, ketika mendengar hal tersebut muncul banyak pertanyaan di benak Anda. Apakah Anda benar-benar membutuhkan pembersih injektor? Bagaimana cara kerja pembersih injektor? Apakah ini efektif untuk membersihkan injektor bahan bakar? Simak penjelasan selengkapnya, untuk membantu Anda menemukan jawabannya.

Apa itu Pembersih Injektor Bahan Bakar ?

Injektor berfungsi memasok cukup gas untuk rasio bahan bakar atau udara yang ideal, dalam mesin pembakaran internal. Seiring waktu, pembersih bahan bakar bisa tersumbat, mengurangi jumlah bahan bakar dalam rasio, dan berbuntut kendaraan tidak bisa dihidupkan.

Apa Pencemar yang Mengganggu Sistem Bahan Bakar ?

Kendaraan baru dirancang untuk mencegah penumpukan kontaminan dari bensin, itu adalah etanol dan karbon. Etanol sendiri dapat meningkatkan oktan dan menghemat biaya, namun kandungan alkoholnya bersifat korosif. Sementara karbon adalah produk sampingan dari operasi normal mesin. Bayangkan jika dua kontaminan ini terus menumpuk, maka akan merusak sistem kerja mobil Anda.

Bagaimana Menilai Injektor Bahan Bakar Sudah Kotor ?

Anda dapat mengenalinya dengan tanda-tanda seperti mesin mati atau diam dengan cara yang terasa kasar, mesin tidak sekuat biasanya, dan konsumsi gas meningkat. Jadi, ketika injektor tersumbat maka ia kehilangan kemampuannya untuk mencampur bahan bakar dan udara sehingga menyebabkan sejumlah gangguan.

Apa yang Dilakukan Pembersih Injektor Bahan Bakar ?

Cara efektif mengatasinya adalah dengan menuangkan pembersih injektor, yang mengandung bahan kimia; polibutena, amina atau PA. Ini diformulasikan khusus untuk memecah tumpukan endapan, sekaligus mencegah adanya endapan baru. Perlu diketahui, pembersih ini bekerja dengan baik bila digunakan secara teratur.

Seberapa Sering Injektor Bahan Bakar Perlu Dibersihkan ?

Mengacu pada kerangka waktu umum dalam membersihkan injektor, itu adalah setiap 3.000 mil. Namun, timeline ini tidak selalu tepat, tergantung usia dan jenis kendaraan Anda. Apabila menggunakan kendaraan tua, maka pertimbangkan untuk membersihkan sistem bahan bakar lebih sering.

Bagaimana Menggunakan Pembersih Bahan Bakar ?

Pilihlah pembersih yang Anda inginkan dengan melakukan riset tentang pembersih apa yang sering digunakan pada merek dan model mobil Anda. Untuk penggunaan optimal, pastikan tangki dalam keadaan hampir kosong. Selanjutnya ikuti petunjuk yang disertakan pada botol pembersih, dan tuangkan tepat di tangki bahan bakar. Berikutnya Anda hanya perlu mengisi tangki dan idle kendaraan sebentar sebelum mengemudi seperti biasa.

Pada akhirnya, menjaga injektor bahan bakar tetap bersih, jernih dan berfungsi dengan baik adalah tentang kerajinan melakukan perawatan. Ini efektif untuk mengantisipasi kerusakan mendadak pada tangki. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
pembersih injektor mobil,
#
injektor bahan bakar kotor,
#
cara bersihkan injektor,
#
injektor mobil

RELATED ARTICLE