MENU
icon label
image label
blacklogo

Rem Panas, Bahayakah?

AUG 07, 2019@11:11 WIB | 716 Views

Tentunya dalam berkendara, rem merupakan hal yang paling vital bagi kendaraannya. Sebagai seorang pengemudi, kita harus mengetahui bagaimana sebuah rem, terutama rem mobil itu bekerja.

Mekanikal rem dalam bekerja biasanya memerlukan waktu 0,2 detik. Lalu tekanan pada pedal rem akan dibantu booster rem untuk menekan piston di master rem. Tekanan tersebut diteruskan oleh brake fluid menuju piston di kaliper rem. Piston di kaliper rem akan mendorong kampas rem agar bergesekan dengan cakram atau tromol. Gesekan yang terjadi akan menimbulkan panas.

Nah ternyata, panas dari gesekan ini ternyata membuat rem blong. Overheat pada kampas rem ternyadi akibat suhu kerjanya terlewati. Sedangkan overheat pada brake fluid akibat titik didihnya terlewati. Harus kalian ketahui BlackPals, Salah satu karakter penting pada Brake Fluid adalah titik didihnya.

Sistem hidrolik rem mengandalkan kompresi fluida untuk menyalurkan tekanan. Cairan atau fluida biasanya merupakan zat yang tidak dapat di kompresi, sedangkan gas adalah merupakan zat yang dapat di kompresi. Nah, Jika cairan rem mendidih (berubah menjadi gas) pastinya akan kehilangan kemampuannya untuk menyalurkan tekanan. Inilah yang akan menyebabkan kegagalan dalam menggerakkan fungsi rem alias rem blong.[prm/timBX]foto: berbagai sumber

Tags :

#
autotips,
#
brake fluid,
#
rem panas,
#
prestone