MENU
icon label
image label
blacklogo

Penting! 3 Hal Ini Wajib Dicek Saat Mobil Seketika Mogok Karena Aki Soak

AUG 08, 2022@19:00 WIB | 361 Views

Jangan langsung ganti aki, cek dulu bagian ini biar enggak boros pengeluaran!

Bagi kalian yang setiap hari atau sering beraktifitas menggunakan mobil, pastinya enggak mau mogok dan ingin mobil dalam keadaan yang selalu fit alias berfungsi normal.

Namun terkadang, ada saja kerusakan secara tiba-tiba yang bikin mobil seketika mati atau mogok dan tidak bisa dihidupkan kembali.

Salah satu yang paling sering yaitu Accu atau yang kerap disebut Aki, yang mengalami kekurangan daya listrik alias soak.

Nah  jangan langsung ganti atau beli aki baru, sebaiknya kalian bisa mengecek 3 hal ini pada mobil kesayangan.

1. Cek kondisi accu (aki) mobil

Pertama, jika memang secara tiba-tiba mobil kamu enggak kuat starter, silahkan cek kondisi aki mobilmu. Cara pertama bisa dengan voltmeter, biasanya aki dalam kondisi sehat atau normal akan menunjukan angka sekitar 12 volt sob. Jika kurang dari angka tersebut, aki mobil mu bisa jadi memang sudah waktunya ganti.

Jangan lupa juga cek kondisi fisik aki, gampang sekali, kamu tinggal meraba atau meletakkan tanganmu pada dinding aki dan rasakan apakah badan aki terasa menggelumbung atau cembung. Cek juga kondisi tutup aki pastikan tidak ada kebocoran.

Jika akimu memiliki kaca kontrol pada bagian atas, lihatlah dan sesuaikan dengan indikator "kesehatan" aki yang biasanya juga tertempel di bagian atas aki.

2. Pastikan pengisian aki dan alternator

Langkah kedua, kalau kamu sudah mengecek kondisi aki, kamu bisa wajib cek sektor pengisian stroom aki mobilmu. Caranya bisa mengecek kondisi alternator, cek kabel-kabel yang mengarah ke alternator. Penyakit yang kerap terjadi yaitu kepala soket alternator terbakar atau dimakan tikus sob.

Jika fisik alternatornya aman, kamu bisa mengeceknya dengan menempelkan benda atau kunci berbahan besi. Untuk apa? Jika alternator mobilmu normal, besi tersebut akan terasa tertarik seperti efek daya tarik magnet sob.

Setelah itu jika tidak ada daya tarik magnetik tersebut, segeralah ke bengkel service dinamo atau alternator mobil (kerusakan paling sering di areng atau lilitan dinamonya).

3. Periksa berbagai perangkat elektronik / fitur mobilmu

Terakhir, jika kedua hal tersebut sudah kamu cek jangan lupa juga cek berbagai perangkat elektrikal atau fitur mobilmu.

Bisa saja ada salah satu bagian yang selalu menyala atau salah mengambil sumber kelistrikan seperti tape radio, sound system, lampu senja dan utama, lampu-lampu tambahan, remot alarm, atau berbagai perangkat lainnya.

Meski terlihat sepele, hal ini paling sering terjadi dan menimbulkan soak atau tekornya daya listrik aki mobilmu sob.

Permasalahan lain dapat timbul juga ketika ada Fuse (Sekering) perangkat elektronik yang putus, atau terjadinya konsleting dari kabel kelistrikan.

So.. jika ketiga hal tersebut itu sudah kamu cek dan menemukan kerusakan pasti, tinggal kamu ganti apa yang rusak saja ya.. hal ini dapat mengurangi budget alias menghemat pengeluaran Blackpals! [aziz/dera/timBX].

Tags :

#
accu,
#
aki,
#
aki soak,
#
mobil,
#
alternator,
#
kelistrikan