MENU
icon label
image label
blacklogo

Mudik Pakai Mobil Pribadi, Perhatikan Hal Berikut

MAY 23, 2019@13:20 WIB | 614 Views

Lebaran sudah dekat. Di Indonesia sendiri, lebaran identik dengan pulang kampung, dan sudah menjadi kebiasaan tiap tahun. Kenapa sering dilakukan mudik? Banyaknya masyarakat yang merantau demi bekerja atau merantau tentunya akan kembali kerumah keluarganya, dan biasanya sebagian pemudik menggunakan mobil pribadi.

Nah, bagi BlackPals yang mudik dengan mobil pribadi wajib “hukumnya” untuk mengecek kendaraan kalian terlebih dahulu, supaya ngana pe oto lebih fit ketika diajak bermudik ria.

Dilansir dari Hyundai Indonesia, paling penting sebelum melakukan perjalanan yaitu melakukan servis mobil terlebih dahulu. Ada baiknya mengecek kondisi air filter, busi, filter bensin, bersihkan karburator/throttle body. Jika terdapat part yang wajib diganti, segera ganti dengan yang baru.

Tak hanya itu, cek juga minyak kopling, minyak rem & minyak power steering. Jika kondisi mesin sudah oke, selanjutnya cek sistem pendingin mesin untuk menghindari gejala overheating (salah satu penyebab kendaraan mogok pada saat mudik yang terbesar), karena jika overheating, mobil berasap, selesai sudah.

Selain mesin, kaki-kaki juga jadi titik penting. Salah satu indikasi yang paling mudah yaitu apabila tidak ada bunyi artinya kondisi dianggap masih baik.  Meskipun tidak ada bunyi, tetap wajib diperiksa ya.

Spooring dan balancing juga perlu dilakukan mengingat perjalanan jarak jauh akan membuat kondisi kaki-kaki terutama ban lebih cepat aus. Dengan spooring dan balancing maka kita dapat mencegah kemungkinan kerusakan pada karet ban yang lebih lanjut.

Sisanya buat interior yaitu bersihkan seluruh bagian dalamnya agar lebih memberikan rasa nyaman ketika berkendara. [prm/timBX]

Tags :

#
autotips,
#
mudik,
#
lebaran,
#
cek kondisi mobil,
#
mudik milenial