MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobilmu Terdapat Baret-baret Ringan? Ini 5 Cara Praktis Untuk Menghilangkannya

MAR 25, 2022@16:30 WIB | 708 Views

Buat kalian yang risih melihat mobil kalian terdapat goresan alias baret ringan, jangan khawatir ternyata kalian bisa menghilangkannya sendiri tanpa harus ke bengkel apalagi mengeluarkan banyak biaya.

Seiring pemakaian, baret ringan tak jarang ditemui di mobil kesayangan kalian. Mulai dari akibat senggolan ringan, terkena batu atau ranting, sampai akibat kain kanebo yang kotor dan menggores bodi mobil kesayangan.

Tapi tenang, jika goresan atau baret pada bodi mobil kalian terbilang ringan itu artinya enggak perlu kebengkel karena bisa dihilangkan sendiri dari rumah saja.

Berikut 5 cara menghilangkan baret ringan pada bodi mobil kesayangan tanpa harus ke bengkel

1. Menghilangkan baret pakai pasta gigi

Jangan dianggap sepele, ternyata pasta gigi bisa digunakan untuk menghilangkan baret ringan pada bodi mobil. Ya, pasta gigi memang cukup ampuh untuk membantu menghilangkan baret pada mobil. Terutama untuk bodi mobil yang warnanya gelap. Selain ampuh, cara menggunakannya pun sangat mudah dilakukan.

Sebelum mengaplikasikan pasta gigi untuk menghilangkan goresan, pastikan mobil sudah dalam keadaan bersih. Selanjutnya, siapkan kain lembut yang nantinya digunakan sebagai wadah untuk pasta gigi tersebut. Setelah itu, silahkan gunakan air bersih untuk membasahi kain lembut tersebut.

Jika kain sudah dibasahi dengan air, tuangkan pasta gigi secukupnya pada kain tersebut. Jumlah pasta gigi yang digunakan bisa kamu sesuaikan dengan seberapa lebarnya goresan atau baret pada mobil tersebut. Selanjutnya, gosok bagian baret mobil menggunakan pasta gigi secara merata.

Saat menggosokkan pasta gigi di permukaan mobil, pastikan untuk menggosoknya dengan gerakan melingkar agar hasilnya merata. Lakukan secara berulang sampai baret pada mobil tersamarkan. Proses ini akan memberikan hasil efektif jika kondisi baret pada mobil tidak terlalu parah.

2. Lotion obat nyamuk

Selain pasta gigi, bahan-bahan yang mudah kalian temui di rumah, yaitu obat nyamuk oles alias lotion. Obat nyamuk cair ternyata memiliki beberapa fungsi lainnya, seperti menghilangkan baret pada mobil. Meskipun cara ini terlihat kurang lazim, namun lotion obat nyamuk memang terbukti ampuh untuk menghilangkan goresan pada bodi mobil.

Meskipun cukup ampuh untuk menyamarkan baret pada mobil, namun pemakaian lotion obat nyamuk hanya disarankan untuk digunakan pada kondisi darurat saja. Sebab, lotion obat nyamuk mengandug zat yang sifatnya cukup keras terhadap cat mobil.

Cara menghilangkan baret pada mobil menggunakan lotion obat nyamuk diawali dengan mengoleskan lotion tersebut ke bagian permukaan mobil yang lecet. Selanjutnya, cukup biarkan selama 15 – 20 detik saja. Segera lap bekas lotion obat nyamuk tersebut dengan arah melingkar agar goresan hilang.

Langkah terakhir adalah membersihkan permukaan mobil tersebut dari sisa lotion obat nyamuk yang masih menempel. Gunakan air bersih untuk membasahi permukaan bodi mobil yang lecet tersebut, lalu segera keringkan menggunakan lap bersih.

3. Sedikit oleskan minyak rem

Minyak rem juga bisa menjadi bahan yang digunakan untuk menghilangkan baret pada mobil. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Pertama, Kamu harus menuangkan minyak rem pada kain lap kering atau kanebo secukupnya. Selanjutnya, oleskan kain tersebut secara melingkar pada baret mobil.

Lakukan proses tersebut secara berulang sampai goresan atau baret pada mobil tampak hilang atau tersamarkan. Perlu diketahui bahwa minyak rem mengandung bahan kimia yang sifatnya keras, sehingga pemakaiannya membutuhkan kehati-hatian.

Saat mengoleskan minyak rem pada permukaan mobil, pastikan untuk tidak mengenai bagian mobil lain yang masih mulus. Sebab, hal tersebut bisa menyebabkan minyak rem tertempel di bagian mobil lainnya yang masih mulus. Maka dari itu, pastikan untuk memoleskan minyak rem pada bagian yang baret saja.

4.  Scratch Remover

Jika baret mobil tidak terlalu parah, Kamu bisa menutupinya menggunakan scratch remover. Cairan ajaib ini bisa kamu dapatkan dengan membelinya di toko aksesoris mobil. Namun, untuk menyamarkan baret mobil menggunakan bahan ini, dibutuhkan hingga lima kali oles sampai goresan hilang dengan baik.

Cara pemakaian scratch remover untuk menyamarkan goresan juga sangat mudah. Pertama, cukup oleskan cairan tersebut menggunakan jari tangan secara merata pada permukaan body mobil yang tergores. Selanjutnya, gosok bagian tersebut menggunakan kain mikrofiber.

Untuk memastikan bahwa scratch remover bekerja optimal, jangan lupa untuk menekan pelan-pelan pada bagian goresan. Lakukan proses ini sampai beberapa kali sampai baret pada mobil benar-benar hilang.

5. Hilangkan baret dengan kompon

Goresan pada mobil yang termasuk kategori ringan bisa dihilangkan dengan memoleskan bagian goresan tersebut menggunakan kompon. Bahan kimia yang berbentuk krim ini tersedia di berbagai toko aksesoris maupun perkakas otomotif dengan harga yang cukup terjangkau.

Kompon sendiri merupakan bahan kimia yang dapat dimanfaatkan untuk mengikis cat di sekitar goresan. Dengan menggunakan kompon, maka goresan pada mobil bisa hilang karena tertutup oleh cat di sekitarnya.

Pertama, bersihkan permukaan mobil yang tergores menggunakan air. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel pada permukaan mobil. Selanjutnya, lap permukaan mobil tersebut sampai kering dengan lap kain mikrofiber.

Poles permukaan mobil yang terdapat baret atau goresan menggunakan kompon poles. Kamu harus memoles kompon dengan cepat karena sifatnya yang cepat mengering. Jika kompon tersebut mengering, maka bekas kompon yang menempel jadi sulit dibersihkan dan terkadang menimbulkan bercak.

Selain itu, hal lain yang harus diperhatikan adalah jangan memoles kompon dengan terlalu ditekan agar bagian cat mobil tidak banyak terkikis dan menjadi belang. Setelah proses pemolesan selesai, bilas kembali bekas baret tersebut menggunakan air bersih dan kemudian keringkan. [azz/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
baret,
#
tips,
#
cara praktis,
#
kompon,
#
minyak rem,
#
mobil