MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Mau Dipakai Mudik? 5 Bagian Ini Wajib Dicek Agar Aman Sampai Tujuan

APR 25, 2022@15:00 WIB | 489 Views

Tak terasa Hari Raya Idul Fitri sudah tinggal hitungan hari, bagi sebagian masyarakat Indonesia terdapat tradisi unik dan khusus dalam menyambut lebaran yaitu mudik alias pulang ke kampung halaman. Dari sekian banyak transportasi yang bisa digunakan, menggunakan mobil pribadi masih jadi favorit untuk mudik keluar kota.

Namun wajib diingat, buat kamu yang mau mudik naik mobil kamu wajib mengecek 5 bagian ini sebelum berangkat agar aman sampai tujuan.

1. Cek secara menyeluruh kondisi mesin mobil

Menjadi jantung dari mobil, mesin harus dipastikan dalam kondisi prima sebelum melakukan perjalanan jauh. Akan lebih baik dan disarankan kalian mengecek kondisi mobil atau bahkan melakukan tune-up ke bengkel langganan agar mengetahui pasti kondisi mesin atau bahkan jika ada kerusakan yang akan menghambat perjalanan.

2. Cek kondisi kaki-kaki mobil

Tak kalah pentingnya dengan mesin, kondisi kaki-kaki mobil pun wajib dicek kondisinya. Mulai dari sokbreker, as roda, tierod hingga balljoint semua wajib presisi dan tidak ada bunyi atau kerusakan. 

Jangan lupa, pastikan juga sektor pengereman dalam kondisi baik mulai dari kanvas rem hingga kondisi master sampai selang rem. Hal tersebut dapat memberikan rasa aman dan nyaman saat kamu mudik bro.

3. Perhatikan kondisi ban

Menjadi tumpuan tenaga mesin ke aspal, kondisi ban juga sangat penting diperhatikan. Cara pertama, kamu bisa melihat dan mengukur tingkat kedalaman alur atau kembang dari permukaan ban mobilmu.

Jika jari atau uang koin masih dapat masuk beberapa bagian, ban tersebut dalam kondisi masih terbilang tebal. Namun ingat, pastikan kondisi ban tidak botak sebelah atau memiliki tahun yang terlalu tua karean berpotensi meledak saat suhu ban meningkat.

4. Test semua kelistrikan

Jika 3 point di atas telah kamu pastikan aman, terakhir kamu cek satu persatu kelistrikan mobilmu berfungsi. Mulai dari lampu depan, belakang hingga sign cek wiper, ac, power steering, power window hingga beberapa fitur tambahan yang mungkin ada di mobil kesayangan kalian.

Nah jika semua hal tersebut sudah kamu cek dan aman, kamu tinggal berkemas deh untuk menuju kampung halaman ketemu dengan keluarga tersayang. Dan ingat, perhatikan cara mengemudi jangan ugal-ugalan atau memaksakan jika kantuk melanda. [azz/era/timBX].

Tags :

#
mudik,
#
mobil,
#
tips,
#
cek mesin,
#
lebaran,
#
idul fitri