MENU
icon label
image label
blacklogo

Mobil Keluarkan Asap Tebal, Kok Bisa?

APR 22, 2019@15:58 WIB | 519 Views

Knalpot punya fungsi sebagai penyaring suara dan yang tak kalah penting adalah mengeluarkan asap sisa pembakaran mesin. Tetapi, terkadang ada knalpot yang mengeluarkan asap tebal. Atau tingkat keluarnya asap tidak normal, belum lagi ditambah warnanya pekat, misal putih atau hitam. Lantas, jika kondisinya seperti itu apakah ada yang salah pada mobil?

Menurut Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan ada beberapa penyebab. Kejadian itu akan dialami oleh mobil yang punya usia pemakaian lebih dari lima tahun.

“Karena ada beberapa komponen yang sudah harus diganti, terutama yang berhubungan dengan sistem pembuangan tersebut,” tutur Suparna belum lama ini.

Penyebab lain, lanjut Suparna bisa juga karena packing atau silinder head mengalami masalah. Termasuk PC Valve yang berfungsi untuk mengisap uap panas dari mesin ke intake manifold. Bila terjadi kerusakan maka uap oli akan terisap saluran masuk.

 “Jika sudah terjadi hal seperti itu sebaiknya langsung saja dibawa ke bengkel resmi Auto2000 untuk memastikan kondisi mobil atau ada masalah lain yang menyebabkan keluarnya asap tersebut,” ujar Suparna.

Ketika dibawa ke bengkel resmi Auto2000, maka teknisi akan langsung menangani sampai tuntas. Penyebab utamanya juga akan langsung ditemukan, tanpa menduga-duga yang nantinya justru akan membebankan pemilik mobil.

“Kalau di Auto2000 akan ditangani oleh tenaga ahli dan juga semua peralatan lengkap, jika ada kasus berat maka akan langsung ditangani dengan baik, sampai mobil tersebut tidak bermasalah lagi,” kata Suparna.[prm/timBX]

Tags :

#
autotips,
#
auto2000,
#
toyota,
#
knalpot,
#
asap tebal,
#
mesin