MENU
icon label
image label
blacklogo

Mengenal Flex Fuel dan Mengetahi Cara Identifikasi Flex Fuel Vehicle

OCT 20, 2020@10:00 WIB | 415 Views

Masa depan dunia bergantung pada manusia, dan semoga saja tidak ada kerusakan karena terus menggali bahan bakar fosil. Inovator dan ilmuwan telah berupaya selama beberapa dekade untuk menemukan cara mengurangi emisi produk sampingan bahan bakar ini.

Namun belum sampai ke pembahasan lebih lanjut meskipun bagian dari misi untuk menemukan resolusi perubahan iklim yang berfokus pada energi terbarukan seperti etanol, alkohol yang terbuat dari biomassa. Itu juga merupakan bahan utama dalam Flex Fuel.

Flex Fuel Vehicle (FFV) telah menyebar ke seluruh industri otomotif selama 20 tahun terakhir dan menawarkan kepada pelanggan untuk pilihan bahan bakar selain bensin tradisional.

Apa itu Flex Fuel?

Flex Fuel, juga dikenal sebagai E85, merupakan campuran bahan bakar yang terbuat dari bensin dan ethanol antara 51-83%. E85 hanya dapat digunakan pada kendaraan Flex Fuel yang telah dirancang khusus untuk menggunakan bahan bakar jenis ini.

Apa itu Ethanol?

Ethanol adalah alkohol biji-bijian bening yang tidak dapat diminum yang dipanen dari tanaman bertepung dan manis seperti jagung, tebu, sorgum, barley, dan lain-lain. Di Amerika Serikat., mayoritas ethanol berasal dari fermentasi jagung. Ethanol dianggap sebagai bahan bakar terbarukan karena dibuat dari biomassa, atau materi tumbuhan, bukan bahan bakar fosil.

Hampir semua bensin memiliki kadar ethanol tertentu, dengan jenis yang paling umum digunakan di pompa bensin mengandung hingga 10% ethanol.

Apa itu E15?

E15 adalah tingkat campuran bahan bakar yang berbeda yang menggunakan bensin dan ethanol 10,5-15%. Pada bulan Juni 2011, Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA) menyetujui campuran 15% ethanol dalam bensin untuk digunakan pada model tahun 2001 dan mobil penumpang yang lebih baru, truk ringan, dan kendaraan menengah. Salah satu manfaatnya adalah etanol merupakan cara yang murah untuk meningkatkan oktan.

Semua kendaraan atau kendaraan Flex Fuel model tahun 2001 dan yang lebih baru disetujui untuk menggunakan E15. Sepeda motor, kendaraan berat seperti bus sekolah dan truk pengiriman, kendaraan olahraga listrik dan motor seperti perahu dan mobil salju, peralatan seperti mesin pemotong rumput, dan kendaraan yang lebih tua dari tahun 2001 tidak diizinkan untuk menggunakan E15.

Apa itu Flex Fuel Vehicle?

Flex Fuel Vehicle (FFV) merupakan kendaraan yang telah dirancang khusus untuk dikendarai menggunakan bahan bakar E85. FFV mirip dengan kendaraan berbahan bakar bensin pada umumnya, selain dari beberapa bagian yang diubah, dan banyak FFV yang dapat dijalankan secara opsional dengan bensin biasa sehingga lebih mudah untuk digunakan dari hari ke hari.

Misalnya, Ford F-150 tersedia dengan powertrains Flex Fuel, mesin 3,3 liter dan mesin 5,0 liter. Untuk mengakomodasi E85, Flex Fuel F150s memiliki saluran bahan bakar yang unik dengan lapisan nikel pada diameter bagian dalam saluran tersebut. Mereka juga memiliki pompa bahan bakar volume lebih tinggi dan modul pengiriman bahan bakar dengan rotor aluminium dibandingkan dengan rotor komposit.

Apakah Flex Fuel Vehicle sudah umum?

Pada 2017, ada lebih dari 3.600 stasiun bahan bakar publik E85 di Amerika Serikat untuk lebih dari 21 juta kendaraan di jalan, menurut Pusat Data Bahan Bakar Alternatif Departemen Energi AS.

Bagaimana mengidentifikasiFlex Fuel Vehicle

Carilah tiga hal ini untuk menentukan apakah Anda memiliki flex fuel vehicle atau tidak. Pertama, ketahui lencana di bagian luar, atau lebih jarang, bagian dalam; kedua, pahami label di bagian dalam pintu bahan bakar; dan ketiga, tutup bahan bakar berwarna kuning atau cincin kuning di sekitar pengisi bahan bakar. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
definisi flex fuel,
#
fungsi flex fuel,
#
flex fuel vehicle,
#
tips mobil,
#
tips motor