MENU
icon label
image label
blacklogo

Mengenal Perawatan Car Detailing

JUN 09, 2020@16:26 WIB | 342 Views

Car detailing acap kali terdengar bagi pecinta otomotif, khususnya untuk mobil dengan harga menengah ke atas. Memang, tidak semua orang peduli dengan kendaraannya sendiri, karena ada yang beranggapan itu mobil untuk nge-bid, atau mungkin ada yang ‘berpikiran’ menengah seperti setiap minggu rajin mencuci, dan ada pula orang yang berpikiran ‘ke depan’ seperti mobil harus selalu mengkilap untuk menaikkan wibawa pemilik dan harga jualan yang tetap terjaga nantinya.

Nah, untuk menjaga kendaraan tetap mengkilap setiap saat, maka dibutuhkan pengerjaan khusus seperti car detailing. Pengerjaannya pun beragam, bisa dari hitungan 12 jam hingga hitungan harian, tergantung ukuran mobil sendiri. Kenapa begitu lama? Sesuai namanya yaitu detailing, pengerjaannya pun juga mendetail secara menyeluruh. Jika salon mobil hanya mengerjakan pencucian ban dan velg semisalnya, car/auto detailing justru hingga ke detail baut-baut ban kendaraan. Tahapannya pun sangat banyak dan perlu teknis kehati-hatian, agar hasilnya pun maksimal.

Hal yang pertama dilakukan adalah mencuci kendaraan. Ini hal teknis awal sebelum memberikan sentuhan lainnya. Mencuci tentunya akan membersihkan kendaraan dari kerak dan debu yang menempel. Membilas sabun pun harus dengan air selang mengalir, dan jangan menggunakan semprotan air yang keras, untuk menghindari terkelupasnya cat mobil.

Setelah mencuci, kemudian dilakukanlah seperti paint correction, yang  menggunakan compound, polish dan glazing. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan gores, baret, dan cacat lainnya di bodi kendaraan. Setelah itu, baru lah tahap membuat proteksi dengan lapisan wax/sealant/coating di permukaan bodi. Selain itu, untuk part lainnya juga akan dilapisi sama seperti bodi, meskipun bahannya berbeda. hasil akhir tertinggi dari perawatan ini adalah membuat debu dan air tak bisa menempel di kendaraan. Cat kendaraan pun akan lebih ‘kinclong’ setelah dilakukan perawatan ini.

Namun, agar tetap bertahan lama perlu juga pemilik kendaraan untun melakukan perawatan rutin, tergantung jadwal dari pelaku auto detailingnya. Waktu perawatannya bervariatif mulai dari 2-3 bulan sekali. Masa ketahanan detailing ini bisa hingga satu tahun atau bahkan lebih, jika perawatan rutin dilaksanakan.[prm/timBX] artikel dan foto: berbagai sumber

Tags :

#
autotips,
#
car detailing,
#
auto detailing,
#
perawatan,
#
perawatan bodi