MENU
icon label
image label
blacklogo

Mengenal Cairan Rem

JUL 26, 2019@11:17 WIB | 366 Views

Dewasa ini, minyak rem khusus untuk kendaraan sudah meningkat, baik secara kegunaannya maupun teknologi secara bahan atau pun kemasan. Salah satu produsen minyak rem di dunia, Prestone, memaparkan sebenarnya apa sih minyak rem atau yang lebih dikenal dengan Brake Fluid itu?

Apa itu Brake Fluid ? Brake Fluid merupakan sebuah cairan (fluida) dalam sistem rem hidrolik yang bertugas untuk menyalurkan tekanan dari master rem menuju kaliper rem di roda. Brake Fluid ini sendiri terbagi menjadi dua bahan dasar berbasis glycol dan berbasis silicon. Nah selain Brake Fluid, ada juga yang harus kalian ketahui mengenai minyak rem, yaitu DOT.

DOT merupakan singkatan dari Department Of  Transportation. Department Of  Transportation merupakan Lembaga yang salah satu tugasnya membuat standar Brake Fluid kendaraan bermotor di Amerika. Berikut kode angka pada DOT di Brake Fluid menunjukan titik didih (boiling point)

Standard

Dry Boiling Point

Wet Boiling Point

Bahan

DOT 3

min.  205 °C

min. 140 °C

Glycol

DOT 4

min.  230 °C

min. 155 °C

Glycol

DOT 5

min.  260 °C

min. 180 °C

Silicone

Dry boiling :Titik didih Brake Fluid kondisi Baru

Wet Boiling :Titik didih Brake Fluid dengan kandungan air 3%

DOT 3 dan DOT 4 berbasis glycol yang menyerap air (higroskopis)

DOT 5 berbasis silicon yang tidak menyerap air

Suhu di rem kendaraan harian bisa mencapai 800 °F atau 427 °C  – tergantung kondisi jalan dan beban kendaraan.[prm/timBX]

Tags :

#
autotips,
#
giias 2019,
#
prestone