MENU
icon label
image label
blacklogo

Memaksimalkan Fungsi Lampu Rem Anda

NOV 01, 2017@11:04 WIB | 1,724 Views

Pernahkah anda melakukan pengereman mendadak yang disebabkan mobil depannya tiba-tiba sudah dekat dengan mobil yang anda kendarai? Apa yang anda rasakan ketika itu? Anda tentu merasa panik, kaget sampai jantung berdebar karena usaha untuk menyelamatkan mobil dari tabrak belakang.

Terlebih jika ternyata mobil di depan mobil kita lampu remnya mati, sehingga penurunan kecepatan tidak diketahui tanda-tandanya oleh pengendara di belakangnya. Masalah seperti ini cukup berpotensi terjadi tabrakan beruntun apalagi saat di jalan tol yang rata-rata kecepatan kendaraannya tinggi.

Beberapa pengendara menganggap masalah lampu rem ini hal sepele, padahal sangat penting manfaatnya terutama menyangkut keselamatan orang lain yang begitu berharga. Seperti yang dikutip dari laman Astraworld, dengan matinya lampu rem maka fungsi utama untuk memberi informasi kepada kendaraan di belakangnya sudah tidak ada lagi alias kendaraan di belakangnya tidak akan tahu jika kendaraan di depannya sedang mengurangi kecepatan. Selain menjaga jarak yang aman, lampu rem juga berperan untuk mencegah terjadinya tabrakan kecelakaan.

1. Cek Kondisi Lampu Rem

Mulailah dari sekarang peduli dengan lampu rem kendaraan Anda, sebenarnya hal ini dapat dilakukan sambil mengerjakan pekerjaan lain, seperti saat memanaskan mobil pada pagi hari sebelum beraktivitas, sempatkan untuk mengecek lampu rem dengan cara menginjak pedal remnya saat mobil sedang parkir di garasi, lalu lihat cahaya di belakangnya dengan memanfaatkan pantulan cahaya dari lampu rem. Jika cahayanya terang dari sisi kiri dan kanannya berarti lampu rem nyala. Cara lain adalah dengan memanfaatkan mobil belakangnya saat macet di jalan dengan cara yang sama.

Indikasi kerusakan pada lampu rem biasanya terjadi pada bohlam lampu yang putus, mengidentifikasi lampu putus biasanya hanya terjadi pada salah satu sisi kiri atau kanan saja, kemudian cek warna bohlamnya jika warnanya hitam dan elemen bohlamnya tidak terhubung yang menandakan bohlam putus.

2. Cek Kelistrikan Lampu Rem

Cara pergantiannya pun mudah, ada yang dengan cara membuka cover mikanya, ada yang dengan cara memutar dudukan bohlam dari balik belakang lampu remnya, ada juga lampu rem yang mati keduanya yang disebabkan adanya sambungan yang kendor atau putus dari jalur kelistrikannya.

Apabila permasalahan itu belum bisa terselesaikan sendiri anda bisa mengunjungi bengkel resmi terdekat untuk melakukan pengecekan lebih detail lagi. [bil/timBX]

Tags :

#
autotips,
#
blacktips