MENU
icon label
image label
blacklogo

Klakson Mobil Mati? Periksa 5 Komponen Berikut

NOV 17, 2020@20:30 WIB | 239 Views

Klakson merupakan komponen yang cukup penting dalam sebuah kendaraan khususnya mobil. Karena komponen tersebut memiliki peran yang penting, jangan sampai klakson mobil mati atau tidak menyala. Hal ini akan menyebabkan berkendara menjadi tidak nyaman, apalagi jika ingin mendahului kendaraan lain yang ada di depan. Untuk itu, menjaga kondisi klakson mobil sehingga tetap bekerja adalah hal yang penting. Lalu apa yang menjadi penyebab klakson mobil mati dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut tips dan triknya.

Kabel Klakson Bermasalah Atau Putus
Salah satu penyebab yang paling sering terjadi dan mengakibatkan kondisi klakson mobil mati adalah kabel klakson yang bermasalah atau putus sehingga menyebabkan klakson tidak berbunyi. Biasanya kerusakan pada kabel klakson terjadi karena masalah kelistrikan atau kabel yang putus diakibatkan karena terdapat jamur dan karat.
 

Jika kamu orang yang mengerti kelistrikan dan mempunyai alat yang lengkap seperti voltmeter, amperemeter, dan tespen kamu bisa melakukan pengecekan sendiri dengan cara menghubungkan kabel voltmeter ke kabel klakson. Jika jarum pada voltmeter tidak bergerak, berarti bisa dipastikan klakson kamu bermasalah karena tidak adanya arus listrik yang terdeteksi. Jika kamu tidak terlalu paham mengenai kelistrikan, alangkah baiknya kamu mencari bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan mengapa klakson mobil mati.

Klakson Mobil Mati / Rusak

BlackPals juga perlu memastikan klakson mobil benar-benar masih hidup atau sudah tidak berfungsi. Cara memperbaiki klakson dalam kondisi ini yaitu dengan melepas klakson dari mobil, kemudian lakukan pengetesan dengan cara menghubungkan terminal positif dan negatif klakson mobil pada aki. Jika klakson berbunyi seperti biasa maka klakson mobil tersebut masih normal dan masih berfungsi dengan baik. Jika klakson anda sudah tidak berbunyi maka berarti klakson mobil anda sudah rusak dan harus diganti.

Sekring Klakson Bermasalah

Penyebab lain klakson mobil mati adalah sekring pada klakson mobil terputus, maka klakson mobil otomatis juga tidak akan menyala meskipun sudah berulang kali memencetnya. Sekring yang mati biasanya disebabkan karena adanya suplai listrik yang terlalu besar ataupun karena usia pakainya yang sudah tua dan sudah seharusnya diganti. Untuk memperbaikinya, bisa dengan mengganti sekring yang baru. Gunakan sekring yang sama dan sesuai dengan bawaan pabrik sehingga dapat bekerja dengan baik pada mobil kamu.

Saklar Klakson Bermasalah

Penyebab klakson mobil mati lainnya bisa disebabkan karena klakson mobil yang memang sudah mati. Kerusakan ini biasanya disebabkan karena terdapat karat pada lempengan tembaga, kotoran yang menumpuk, maupun masalah pada kelistrikan mobil. Untuk memperbaikinya memang cukup rumit, perlu membongkar saklar dan memastikan jika aliran listrik yang mengalir baik dan cukup. Setelah itu bersihkan semua kotoran yang menempel. Jika kamu merasa kesulitan, maka kamu bisa membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk memperbaiki klakson mobil mati.

Relay Klakson Bermasalah

Penyebab terakhir klakson mobil mati adalah relay klakson yang bermasalah. BlackPals juga perlu mengecek apakah klakson mobil sudah memiliki relay tambahan di dalamnya atau tidak. Jika sudah, maka hal ini bisa jadi yang menyebabkan klakson mobil tidak menyala. Kerusakan yang terjadi biasanya disebabkan karena usia pakainya yang sudah lama atau terlalu sering terkena kotoran dan air di dalamnya. Untuk memperbaikinya, kamu bisa menggantinya dengan relay yang baru.

Nah itu tadi penyebab klakson mobil tidak menyala dan bagaimana cara mengatasinya. Selain itu jangan lupa untuk mengetahui cara menjaga performa klakson mobil agar tetap dapat bekerja maksimal dan terhindar dari kerusakan.

Tags :

#
autotips,
#
tips otomotif,
#
tips klakson