MENU
icon label
image label
blacklogo

Jangan Memarkir Mobil Bertransmisi Otomatis Dengan Cara Seperti Ini

APR 10, 2018@17:00 WIB | 388 Views

Mungkin karena kebiasaan membawa mobil bertransmisi manual, tak sedikit orang yang menaruh transmisi di 'N' kala memarkir mobil bertransmisi otomatis.

Ternyata, perilaku tersebut tak bisa diterapkan di mobil bertransmisi otomatis. Karena perlu diingat, beda transmisi mobil, beda pula perlakuannya.

Jika hendak memarkirkan mobil bertransmisi otomatis, transmisi wajib diletakkan pada posisi 'P' karena fungsinya adalah untuk mendukung kinerja rem parkir.

Seandainya tetap nekat menaruh transmisi di posisi ‘N’ pada saat parkir, bukan tidak mungkin itu akan dapat menimbulkan bahaya. Karena jika kita memarkir mobil dalam posisi transmisi di posisi ‘N’ dan rem parkir dalam kondisi yang tidak maksimal, maka mobil dapat bergerak.

Bila memarkirkan mobil dalam posisi transmisi berada di posisi ‘P’ maka itu akan membuat mobil kita jadi lebih aman dan terjamin keselamatannya.

Dengan posisi tuas yang berada di 'P' saat parkir, itu lebih menjamin pergerakan mobil saat ditinggal lantaran sistem gerak terkunci sempurna, meski tanpa memfungsikan rem parkir.

Walau dengan hanya menempatkan transmisi di ‘P’ saat parkir sudah cukup untuk membuat mobil terkunci sempurna, tapi tetap disarankan untuk tetap memfungsikan rem tangan.

Tujuannya adalah agar komponen transmisi tidak bekerja terlalu keras untuk mengunci mobil, dan membuat komponen transmisi jadi lebih awet. [APSG/timBX]

Tags :

#
parkir,
#
cara parkir,
#
mobil matic,
#
auto tips