MENU
icon label
image label
blacklogo

Jangan Asal Injak Gas! Ikut Ajang Drag Race Wajib Persiapkan 4 Hal ini

AUG 23, 2022@16:00 WIB | 257 Views

Bagi para pecinta otomotif khususnya Indonesia, tentunya bukan hanya modifikasi eksterior dan interior saja yang jadi salah satu fokusnya.

Ada lagi bagian yang kerap jadi sasaran utama untuk diupgrade yaitu dapur pacu alias mesin, jelas hal ini bukan untuk sekadar mengejar tampilan melainkan untuk mengejar peforma saat ikut ajang balapan agar dapat tampil maksimal.

Salah satu ajang balap yang hingga kini masih diminati adalah drag race. Drag race sendiri adalah di mana kedua mobil berdampingan melaju dalam lintasan lurus mulai dari 201 hingga 402 meter.

Eits, bukan hanya beradu cepat, ajang drag race pun bisa dinilai dari tepatnya waktu yang dipilih atau didaftarkan saat awal perlombaan. Misalkan saat kamu melakukan pengetesan atau pengkuruan (Sekrut), mobilmu berhasil menempuh jarak 402 meter dalam 15,5 detik berarti kamu masuk dalam braket 15.

Kamu akan diadu sesama mobil pesaing dengan kelas waktu yang sama yaitu 15 detik, siapapun yang penorehan waktu terdekat dengan 15 detik itu yang jadi juara utamanya. Misal waktu mu 15.03 sedangkan lawan 15,75, berarti kamu yang menang sob. Namun terkadang karena adrenalin memuncak terkadang tak sadar injak gas terlalu dalam hingga mencapai waktu terlalu cepat misal 14,75 detik, otomatis kamu "kecemplung" alias kalah bahkan didiskualifikasi.

Nah untuk itu, buat kamu yang ingin mengikuti ajang drag race mobil wajib perhatikan 4 hal ini sebelum injak gas di sirkuit nanti.

1. Persiapkan Mobil, mulai dari mesin hingga kaki-kaki

Hal ini merupakan hal paling utama kalau kamu ingin ikut drag race, bukan cuma mesin harus sehat melainkan mesin harus bisa mencapai performa terbaik untuk meraih waktu yang telah ditentukan. Jika mobilmu masih standar, kamu bisa melakukan sedikit ubahan seperti porting polish, upgrade full system knalpot, open filter, hingga remap ECU atau setel karburator.

Begitu juga dengan kaki-kaki, yang namanya mobil drag didesain harus mampu melesat secara stabil saat kecepatan tinggi. Biasanya kaki-kaki mobil drag dibuat sedikit lebih pendek dan keras, bisa dengan memasang coilover, lowering kit racing, atau custom suspension. Tak jarang juga beberapa perangkat aftermarket lainnya ikut dipasang, seperti velg racing, ban slick atau soft compound, lowering arm, stabilizer, dll.

2. Jangan hanya bisa injak gas, pahami cara melakukan Start!

Enggak semua yang turun di ajang atau kejuaraan drag race itu pemain lama. Buat kalian yang masih baru atau pemula, kalian baiknya mempelajari lampu start dan cara melajukan mobil agar dapat torehan waktu sesuai keinginan.

Pastikan kamu melepas kopling dan menginjak pedal gas saat lampu kuning terakhir menyala. Jangan terlalu cepat atau lambat, karena hal itu akan membuat kamu didiskualifikasi atau kalah meskipun catatan waktumu baik. Saat mobil sudah melaju, kontrol emosi dan kecepatan. Ingat kalau kamu main drag braket waktu, yang dikejar ialah torehan waktu bukan siapa yang lebih cepat sampai di titik finish.

3. Memaksimalkan Latihan

"Practice make perfect", ya dengan latihan kita tentu akan mendapat pembelajaran yang maksimal. Seperti di Sirkuit Internasional Sentul yang menyediakan satu space khusus untuk seluruh peserta berlatih sebelum turun ke arena drag race seseungguhnya.

Jadi sering-sering deh kalian latihan untuk drag race, terutama kecepatan dan ketepatan melakukan start dan memindahkan tuas perseneling untuk mencegah terjadinya miss gear.

4. Perlegkapan Safety dan Race

Bicara mengenai balapan, apapun itu termasukjuga drag race, tentu kita harus memperhatikan faktor keamanan (Safety).

Tidak hanya mobil, masing-masing peserta juga wajib mengenakan perlengkapan standar balapan. Meski hanya melaju di trek lurus, mobil peserta sebaiknya dilengkapi dengan rollcage alias rangka besi tambahan yang melapisi bodi mobil.

Soalnya kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi setelah lampu hijau start menyala. Selain itu perhatikan juga sabuk pengaman dan jangan sampai kamu lupa memakainya.

Untuk drag race sendiri kamu juga wajib nih memakai helm dan juga pelindung di berbagai bagian tulang yang rawan seperti siku dan juga lutut.

So..jika semua sudah terpenuhi tinggal kembali ke diri masing-masing drag racer untuk persiapan mental, konsentrasi, dan meminimalisir kesalahan saat drag race dimulai, [aziz/dera/timBX].

Tags :

#
drag race,
#
mobil,
#
balap,
#
sirkuit,
#
racing