MENU
icon label
image label
blacklogo

Helm bau, Ini Tips Cara Membersihkannya

APR 24, 2020@10:14 WIB | 381 Views

Indonesia memang ketat peraturan mengenai hukum berlalu lintas. Pengemudi sepeda motor saja diwajibkan beberapa hal seperti kendaraan sesuai standar, kelengkapan surat, dan atribut yaitu jaket, sepatu bahkan yang terpenting helm. Hem bukan sembarangan tentunya diwajibkan, karena melindungi kepala pengendara atau pun yang dibonceng ketika mengalami benturan akibat kecelakaan.  Situasi Jakarta yang sangat panas, pengap, dan kemacetan luar biasa membuat pengguna helm bahkan yang full face sekalipun akan merasakan helm mereka basah dan ujung-ujungnya bau. Ketika digunakan terus-terusan maka fokus berkendara akan buyar karena menyengatnya helm yang digunakan. Oleh karena itu, pas ketika WFH diberlakukan, ada tips untuk menjaga helm tetap wangi, tanpa harus dibawa ke perawatan helm.

Ada kalanya kita cek dahulu helm yang digunakan di bagian dalamnya. Apa sebab helm tersbut bau? Sentuh bagian dalam, dan jika masih terdapat basah yang kemungkinan akibat hujan maka bau tersebut berasal dari bakteri akibat bagian dalam helm yang lembab. Kemudian, ada juga akibat rambut yang basah karena keringat, dan juga jarang melakukan perawatan rambut (shampoo). Itulah kenapa ketika mandi, kalian wajib menggunakan shampoo dua hari sekali untuk rambut agar tetap wangi. Nah, bau dari rambut dan kulit kepala ini yang tinggal di dalam helm dan mengakibatkan bau.

Cara mencucinya adalah cuci furing dan juga spon helm. Gampang, kalian tinggal melepas semua bagian dalamnya lalu cuci. Di bagian dekat batok helm, untuk busa kerasnya bisa dicuci langsung atau menjemur di terik matahari. Jangan sesekali menyemprot parfum atau wewangian apapun, karena akan menyebabkan bau dan wewangian tersebut akan terakumulasi dengan keringat atau air sehingga makin menimbulkan bau tak sedap.

Untuk batok helm dan kaca/visor bisa cuci menggunakan sabun pencuci khusus kendaraan untuk menjaga warnanya. Visor sendiri yang sudah kusam, bisa digosok menggunakan pasta gigi atau bahan pengkilap lainnya. Bagian dalam helm kering, dan bagian luarnya selesai dicuci, pasangkan kembali seperti semula, dan simpan helm ditempat kering agar tidak berjamur. Jika kalian memiliki tas-nya, ada baiknya menyimpan di dalam tas khususnya.[prm/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
autotips,
#
helm,
#
mencuci helm,
#
wangi