MENU
icon label
image label
blacklogo

Cuma Luruskan Pipa Intake, Mesin Duramax L5P V-8 Tembus 912 hp

MAY 06, 2020@18:30 WIB | 365 Views

Tuner ternama, Gale Banks menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk memaksimalkan mesin diesel Duramax L5P V-8 untuk uji dyno. Nah, pada update terbarunya, ia memamerkan betapa mudahnya proses untuk menggali tenaga yang besar hanya dengan mengatur ulang pipa udara.

Bagi Blackpals yang sedang membangun mesin berturbo dengan tujuan mencapai power yang besar, video dari Gale Banks mungkin jadi referensi yang tepat. Dalam video, ia menjelaskan dengan sedikit perubahan pada intercooler dan pipa intake dapat meningkatkan tenaga cukup besar.

Ia beranalogi seperti ini “jika Anda berkendara di jalan dengan banyak belokan, kecepatan rata-rata kita akan turun dan akan lebih lama sampai tujuan karena Anda harus melambat untuk menikung. Namun jika jalan lurus Anda tak perlu melambat lagi.”

Nah, ini yang terjadi pada sistem udara Duramax. Gale berusaha sebisa mungkin untuk mengeliminasi hambatan, meluruskan pipa-pipa yang aman untuk diluruskan sehingga udara lebih cepat masuk ke mesin.

Hasilnya? Perubahan sederhana ini berimbas pada peningkatan tenaga hingga 60 hp atau sekitar 7%, dua kali lipat lebih dari tenaga kuda bawaan pabrik di 445 hp. Jadi kalau besok-besok Blackpal mau bikin konsep sistem pipa turbo, pastikan untuk meminimalisir lengkungan. Untuk info lebih lengkap bisa nonton video-nya di bawah. [leo/asl/timBX]

Tags :

#
pipa intake,
#
mesin duramax l5p v8,
#
tuner,
#
gale banks

RELATED ARTICLE