MENU
icon label
image label
blacklogo

Cek Enam Cairan Mobil Ini Sebelum Liburan Akhir Tahun

DEC 17, 2020@10:00 WIB | 493 Views

Libur akhir tahun semakin dekat Blackpals! Tak terasa penghujung tahun sudah tiba. Banyak orang sudah mempersiapkan rencana bepergian mereka, baik bersama teman hingga keluarga. Bepergian dengan menggunakan kendaraan pribadi, khususnya mobil dirasa lebih aman daripada menggunakan kendaraan umum. As you know, pandemi Covid-19 telah membuat setiap orang harus waspada, karena virus ini bisa hinggap dimana pun.

Sebelum menggunakan mobil pribadi, ada baiknya melakukan general check-up untuk memastikan kondisi kendaraan, terutama yang berbau hal cairan penting mobil. Untuk itu, berikut lima hal cairan kendaraan yang wajib di cek.

1. Air Radiator

Air radiator merupakan salah satu hal penting dalam kendaraan sebagai salah satu sistem pendinginan mesin. Pada dasarnya, sebelum menghidupkan kendaraan, ada baiknya kita cek terlebih dahulu baik yang utama dan juga penampungan cadangan. Selain itu, sebaiknya jangan menggunakan air biasa karena akan membuat karat bagian dalam radiator. Sebaiknya gunakan cairan khusus yang sudah dijual bebsa baik di toko atau online.

2. Minyak Rem

Yang satu ini tentunya komponen penting untuk sistem pengereman. Fluida rem, memperkuat rem agar lebih pakem. Untuk itu selalu cek indikator fluida rem, dan jika dibawah “minimal” maka isi segera. Perhatikan pula klasifikasi fluida rem yang sesuai dengan mobil anda.

3. Oli Transmisi

Fungsinya untuk melumasi bagian mekanis di dalam sistem transmisi. Jadi pada dasarnya pelumas mengurangi dampak gesekan antar komponen dalam mesin, maka oli transmisi merupakan pelumas yang digunakan pada sistem transmisi. Penggantian oli bisa dilakukan setiap 10.000 km dan meskipun belum mencapai jumlah km, dan oli terlihat berkurang, maka sebaiknya oli mesin ini ditambah. Begitu besar gungsi oli mesin, jadi jangan dilupakan BlackPals.

4. Oli Gardan

Oli ini merupakan komponen gir pada mobil yang berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda dan diperlukan agar penghubung antara transmisi dan gardan menjadi lebih halus serta bebas hambatan, juga meningkatkan kinerja mesin. Waktu penggantian oli gardan disarankan dilakukan antara 50 ribu sampai 80 ribu kilometer jarak tempuh.

5. Air Wiper

Justru air ini jangan dilupakan. Air wiper akan keluar bersamaan dengan wiper sendiri untuk membersihkan kotoran di kaca depan mobil. Air wiper sebaiknya menggunakan air biasa dicampur dengan cairan khusus, untuk menghindari kerak yang ditimbulkan dari air dan kotoran yang menempel.[prm/timBX]

Tags :

#
autotips,
#
cek cairan mobil