MENU
icon label
image label
blacklogo

Catat! Cara Ampuh Cegah Ngantuk Menyetir Mudik Lebaran (Part 2), Nomer 2 Paling Enak

APR 26, 2022@15:15 WIB | 461 Views

Awas ngantuk jadi salah satu faktor penyebab kecelakaan, ini dia cara ampuh mengusirnya

Menyambut lebaran dapat dilakukan dengan hal-hal yang membuat bahagia, salah satunya pulang ke kampung halaman untuk bertemu keluarga tercinta.

Namun perlu diingat, menuju kampung halaman alias mudik terutama menggunakan mobil pribadi tentu harus ada hal-hal yang wajib diperhatikan. Di antaranya ialah mencegah resiko kantuk menyerang saat sedang menyetir mobil. Untuk itu, kamu wajib catat cara ampuh usir ngantuk saat menyetir mobil selama mudik lebaran (part 2).

1. Rencanakan Waktu Berkendara yang tepat

Kamu mungkin sudah terbiasa dengan pola tidur yang kurang lebih sama setiap harinya. Maka itu, pastikan untuk tidak berkendara mendekati waktu tidur kamu seperti biasanya. Jika mau tak mau mesti berkendara di waktu tersebut, kamu harus mengatur ulang pola tidur beberapa hari sebelumnya. Hal ini bertujuan agar kamu terbiasa dan konsentrasi saat menyetir kendaraan dengan aman.

2. Ngemil makanan ringan atau camilan asin.

Ketika bepergian dengan mobil, sebagian orang membeli makanan kecil sebagai bekal untuk mengemudi. Mengunyah camilan memang ampuh untuk mengusir rasa kantuk saat berkendara.

Ada pun camilan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat berkendara, yaitu kacang-kacangan. Sebab, kadar gula darah dan insulin Anda akan tetap stabil setelah mengonsumsi makanan tersebut. Pastikan untuk menghindari makanan manis atau mengandung gula tinggi, seperti kue kering.

3. Konsumsi Makanan atau Minuman Asam

Mengonsumsi makanan atau minuman asam dapat membantu kamu untuk tetap segar saat berkendara. Rasa asam yang masuk ke mulut dapat menghilangkan rasa kantuk yang dialami.

4. Minum Kopi, Teh, atau Soda Rendah Gula

Selain camilan, minuman yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah kantuk saat berkendara adalah kopi, teh, dan soda. Meski ketiganya kurang menyehatkan bila dikonsumsi berlebihan, kafein yang terkandung di dalamnya dapat mengusir rasa kantuk selama beberapa jam ke depan.

Faktanya, kafein dalam kopi atau soda dapat meningkatkan produksi hormon adrenalin. Hal ini dapat membangkitkan semangat dan mempercepat detak jantung. Namun, kafein juga bisa membuat kamu ingin buang air kecil terus-menerus karena sifat diuretiknya yang meningkatkan produksi urine.

5. Mengobrol dan Putar Radio atau Musik

Saat rasa kantuk menyerang, akan lebih baik jika kamu mengobrol dengan orang-orang lain yang berada di dalam mobil. Bicarakanlah hal-hal yang menarik sehingga perhatian tidak lagi terfokus pada rasa kantuk.

Jika kebetulan tidak ada penumpang, kamu bisa tuh menyetel radio atau musik dengan volume yang cukup keras.  Namun, hati-hati, jangan sampai mendengarkan musik justru membuat konsentrasi dalam menyetir terganggu yah.

Membuka kaca jendela juga bisa meningkatkan kewaspadaan dan mengusir rasa kantuk. Sebab, telinga tidak akan pernah berhenti mendengar suara mobil berjalan [azz/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
mudik,
#
ngantuk,
#
menyetir,
#
mudik lebaran,
#
mobil