MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Menjaga Kualitas Cat Saat Mencuci Mobil

SEP 05, 2018@17:00 WIB | 1,611 Views

Ada banyak tempat pencucian mobil di sekitar kawasan rumah atau tempat kerja Anda.  Saat weekend tiba, selain memperhatikan faktor mesin, Black Pals juga perlu memperhatikan kebersihan bodi mobil, terutama saat bodi mobil Anda kotor dan perlu dibersihkan.Berikut ini ada beberapa mekanisme mencuci mobil yang aman dan menjaga cat mobil Anda tetap kinclong.

Pertama perhatikan penggunaan lap, untuk body mobil Anda Black Pals. Pastikan menggunakan lap berbahan mikro fiber, dan tanggalkan penggunaan kanebo yang menyebabkan scratch.

Kedua, perhatikan saat pencucian mobil minimal, harus menggunakan alat yang benar. Seperti penggunaan mikro fiber, wash mitt dan tinggalkan penggunaan  busa spon biasa. Nah,  saat pencucian ada beberapa cara efektif, seperti mendahulukan bagian bawah (kolong mobil), velg dibandingkan bodi mobil. 

Saat mencuci bagian bawah mobil hindari percikan air ke bodi mobil, karena percikan tersebut bisa menyebabkan tumbuhnya water spot atau biasa disebut jamur. Jamur cukup jahat yang membuat bodi mobil Anda menjadi kusam.  Setelah memastikan pencucian bagian bawah mobil selesai, baru kemudian mencuci bagian atas atau bodi mobil.

Ketika mencuci bagian atas, hilangkan kotoran debu terlebih dahulu, pastikan dengan mikro fiber atau vakum khusus. Kemudian Black Pals harus memperhatikan cara menyemprotkan air ke body mobil.  Bila menggunakan mesin bertekanan tinggi, arahkan nozzle ke samping atau hindari menyemprotkan air secara horizontal ke bodi mobil.

Ketiga, lakukan penyemprotan dengan benar. Arahkan air dari atas ke bawah. Cara ini dimaksudkan untuk membuat kotoran langsung jatuh ke bawah. Ratakan semua sisi body dengan cara yang sama, hingga kotoran rontok. Setelah semuanya basah, gunakan shampoo yang tepat ke semua bodi mobil Anda.

Keempat, gunakan shampoo dengan kemampuan PH balance. Beberapa produk shampoo memberikan bau yang wangi, atau deterjent dengan campuran khusus. Dibalik semua produk tersebut, pilihkan shampoo yang mampu menyeimbangkan PH Balance dari air yang Anda gunakan Black Pals.

“Ada kalanya kita tidak mengetahui seberapa kandungan besi dalam sebuah air yang menyebabkan karat pada bodi mobil, seperti air di rumah Anda misalnya. Shampoo yang tepat adalah mampu menyeimbangkan zat korosif air menjadi PH yang balance,” tutur Kiki dari Detail Box, Auto detailing di kawasan Cilandak Jakarta Selatan.

Gunakan shampoo khusus dan hindari penggunaan bahan deterjen tinggi seperti sunlight. Karena bodi mobil dengan lapisan cat dan pelindungnya cukup berbeda perawatannya dari piring yang telah bebas dari kandungan lemak.  Dan Black Pals perlu perhatikan, ketika ada kotoran atau bercak jamur  yang tidak hilang dari bodi mobil sesaat setelah penggunaan shampoo, jangan terburu-buru untuk menggosoknya terlalu keras, karena bisa menghilangkan lapisan pernis cat mobil Anda.

Kelima, Jika kotoran yang susah dibersihkan bisa disebabkan karena materi aspal yang menempel ke bodi, atau bakteri bahkan serangga yang menempel bagian mobil misalnya. Black Pals membutuhkan hard preparing, ke car wash yang memiliki tahapan khusus.

“Kotoran yang susah hilang atau permukaan cat yang kasar setelah penyampoan,  bisa ditreatment dengan menggunakan claying.  Semua noda yang terlihat maupun yang tidak akan hilang. Dan claying digunakan sesuai dengan kadar kotoran di bodi mobil,” jelas Kiki yang menegaskan claying terbagi beberapa jenis tingkat abrasive-nya.

Penggunaan claying menurut Kiki tidak boleh sering digunakan. Materialnya yang lembut, namun sangat abrasive dalam mengangkat kotoran.”Penggunaan yang terlalu sering akan mengikis lapisan pernis pada bodi cat Anda,” terang Kiki. Tipikal claying ini cara kerjanya seperti compound. Jadi hanya diperlukan secara periodik 3 atau 6 bulan sekali.

Saat memasuki pengeringan gunakan towel yang berbulu  dan itu mengurangi goresan pada permukaan cat saat masuk ke proses pengeringan.  Oke, Black Pals kita tunggu tips selanjutnya untuk menjaga cat mobil Anda.[Ahs/timBX]

Tags :

#
auto tips,
#
cat mobil,
#
mencuci mobil,
#
cara cuci mobil