MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mengatur Bluetooth di Mobil Lama

AUG 10, 2018@17:00 WIB | 475 Views

Bluetooth merupakan salah satu fitur koneksi yang banyak telah diterapkan di kendaraan. Dengan bluetooth, anda bisa menyambungkan ponsel dengan perangkat audio di mobil. Dengan tersambungnya ponsel dengan perangkat audio mobil, pengemudi bisa lebih leluasa melakukan sesuatu saat berkendara. Pengemudi tinggal menerima telepon melalui perangkat audio mobil, memutar playlist di ponsel dengan audio mobil dan sebagainya.

Masalahnya, bagaimana jika kendaraan Anda memiliki perangkat audio yang lama. Barangkali ada suatu waktu bagi Anda yang baru saja ketika membeli sebuah smartphone baru untuk mengikuti jaman. Kadang itu tidak sesuai dengan keinginan Anda jika smartphone Anda tidak sesuai dengan keadaan mobil Anda. Anda berharap dengan smartphone Anda bisa terkoneksi dengan perangkat audio di mobil, namun dengan OS smartphone yang terlalu tinggi tidak cocok dengan perangkat mobil anda. Ada berbagai cara untuk mengatasinya:

  • Periksakan update firmware perangkat mobil Anda

Hal ini memastikan sistem di mobil Anda sebenarnya masih berfungsi, tetapi karena belum melakukan pembaharuan, fungsi bluetooth di kendaraan menjadi kehilangan fungsi. Dengan melakukan update firmware, hal itu akan memulihkan fungsi kembali. Pastikan perangkat yang Anda gunakan juga sudah memiliki OS terbaru. Bukalah situs web produsen mobil Anda dan kunjungi halaman support-nya atau halaman lain yang menyimpan informasi tentang kendaraan Anda. Lihat apakah ada pilihan untuk mengunduh perbaruan sistem audio mobil Anda. Jika tidak ditemukan, Anda masih bisa menemukannya melalui dealer mobil terdekat.

  • Sambungkan dengan menggunakan metode yang berbeda

Anda beruntung sekali jika sistem audio di mobil Anda memiliki port AUX jack 3,5 mm. Dengan membeli kabel sambungan, Anda tinggal mencolokanya ke ponsel. Negatifnya adalah disaat Anda menerima panggilan, suara dalam panggilan telepon akan terdengar melalui speaker mobil. Tapi jika memang audio sistem mobil lebih tua, hal ini bisa diatasi dengan membeli adapter kaset. Adapter kaset memiliki sambungan 3,5 mm bawaan. Beda lagi situasinya jika sistem audio yang lebih baru. Biasanya audio sistem yang lebih baru sudah dilengkapi dengan port USB built-in. Anda tinggal sambungkan melalui USB ke smartphone Anda.

  • Membeli adapter Bluetooth dengan transmitter FM

Ini mungkin terlihat sedikit norak yang mana memasang  socket aksesoris 12 V di mobil. Tapi, ini bisa mengatasi masalah Anda dengan sistem audio di mobil. Anda bisa mengatur frekuensi FM tertentu yang belum digunakan berbagai stasiun radio lokal. Kemudian, hubungkan ke ponsel Anda melalui bluetooth dan atur stereo mobil Anda ke frekuensi FM. Semua fungsi sudah bisa digunakan di sistem audio mobil. Selain itu, transmitter FM ini juga banyak mendukung berbagai sambungan bluetooth dari berbagai ponsel.[Dea\TimBX]

Tags :

#
autotips,
#
audio,
#
bluetooth