MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Aman Memarkir Mobil Selama Pandemi

DEC 14, 2020@14:38 WIB | 487 Views

Semua manusia memiliki kekuatan dan kemampuan yang dapat diperhitungkan oleh diri kita sendiri. Proses pembelajaran terus terjadi tidak akan pernah berhenti, tanpa disadari kita melupakan hal – hal kecil yang penting termasuk dalam berkendara dengan mobil kita sendiri.

Covid 19 merupakan suatu wabah baru yang bahkan dengan kecerdasaan dan kebijaksanaan yang telah ada sebelumnya belum dapat menghilangkannya langsung.

Lantas apa yang bisa kita lakukan saat pandemi? Berdiam dirumah? Dan dunia terselamatkan? Tetapi bagaimana dengan mobil saya sekarang yang dalam kondisi rentan dan ikut berdiam diri seperti saat ini? Barikut ini sederet daftar yang harus diperiksa agar mobil anda selalu dalam kondisi baik.

1. Pilih tempat yang aman untuk memarkir mobil Anda

Langkah pertama dan yang terpenting ialah pastikan kendaraan anda berada di tempat parkir yang tertutup. Namun jika tidak ada anda bisa menutupnya dengan penutup kendaraan.  Ini berguna agar tidak terkena sinar matahari langsung dan kotoran lainnya.

2. Periksa accu/aki atau dilepas saja

Karena kendaraan Anda harus diparkir dalam waktu yang lama, penting untuk mencegah pengosongan accu/aki. Untuk ini, lepaskan aki kendaraan Anda dengan melepas terminalnya. Jika Anda tidak mau melakukannya, Anda juga dapat memilih untuk menyalakan mobil seminggu sekali dan menjaga mesin tetap menyala selama beberapa menit untuk memastikan fungsi normal accu/baterai dan mencegahnya kehabisan daya.                                 

Perlu diingat juga, prosedur keamanan dan pencegahan dalam hal penyebaran virus Corona, perlu diingat saat Anda keluar untuk menyalakan atau memeriksa kendaraan Anda, sangat penting untuk selalu mengenakan sarung tangan dan masker wajah. Juga, berhati-hatilah untuk mencuci tangan dengan benar dengan sabun dan bersihkan setelah Anda kembali ke rumah.

3. Jangan gunakan rem tangan, melainkan parkir di persneling

Memasang rem tangan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan drum rem macet, ini bisa menimbulkan masalah setelah Anda hendak mengemudi setelah penguncian. Sebagai gantinya, parkir mobil dengan gigi 1 atau letakkan penahan di belakang kemudi untuk mencegah mobil menggelinding.

4. Luangkan waktu sejenak untuk membersihkan interior mobil Anda

Sama seperti bagian luarnya, penting juga untuk menjaga kebersihan interior mobil Anda. Untuk ini, disaat Anda menyalakan mobil setiap 4 samapi 5 hari, nyalakan AC dan blower untuk menghilangkan debu atau partikel lain di dalam kabin.

Selain itu, bersihkan kabin mobil Anda secara menyeluruh dan hindari menyimpan makanan untuk menghindari bau yang tidak sedap dan mencegah pertumbuhan bakteri. Tutup jendela mobil Anda selama terparkir.

5. Jaga agar tetap terlumasi

Pastikan semua cairan yang diperlukan seperti oli mesin, oli rem, cairan pendingin dan lainnya mencukupi. Pelumasan memastikan kelancaran kerja komponen internal dan hal itu tidak hanya akan meningkatkan masa pakainya tetapi juga akan memastikan fungsi yang lebih lancar setiap kali Anda mengeluarkan kendaraan. [yat/asl/timBX]

Tags :

#
cara parkir mobil,
#
cara aman memarkir mobil,
#
tips memarkir mobil,
#
cara memarkir mobil,
#
tips