MENU
icon label
image label
blacklogo

Berniat Beli Motor Sport? Kami Punya 4 Tips Yang Bisa Jadi Pertimbangan Untuk Calon Motormu

MAR 18, 2022@16:15 WIB | 703 Views

Membeli motor bisa dibilang gampang-gampang susah. Kerap kali kita menyukai modelnya, namun saat test drive merasa kurang nyaman, begitu pun sebaliknya. Terlebih jika kamu yang ingin membeli motor berjenis sport, yang tentu memiliki berbagai konsep, ukuran dan desain yang beragam.

Nah buat kalian yang berencana beli motor sport, ada baiknya untuk memperhatikan 4 tips di bawah ini agar mendapat tunggangan yang srek di hati dan tentunya nyaman dikendarakan.

1. Pilih desain motor sesuai selera dan kepribadian

Desain salah satu faktor terkuat jika kalian ingin memiliki motor sport. Contoh, buat kalian yang ingin terlihat lebih stylish dan kece, kalian bisa pilih motor sport berfairing dengan desain modern dan futuristik yang umumnya berbentuk meruncing dengan ukuran body besar.

Begitu juga jika kalian ingin terlihat dewasa, kalem, namun tetap gagah, enggak salah jika kalian memilih jenis motor sport naked alias tanpa fairing. Motor jenis ini juga dinilai lebih dinamis karena berukuran tidak terlalu lebar dan dapat lebih praktis saat kemacetan.

Selain dari bentuk bodi, motor sport pun kerap memiliki suara raungan mesin yang bikin pengendara disekitar kalian segan atau bahkan memberikan kalian ruang lebih besar untuk berjalan. Tentunya para wanita pun diam-diam akan melirik mu Black Pals, gak percaya? Coba aja buktiin.

2. Jangan lupakan faktor kenyamanan

Perhatikan ketinggian jok, jarak antara stang ke bodi, dan jarak lipatan kaki ke belakang. Jangan sampai jok motor kalian terlalu tinggi ataupun jarak stang ke bodi terlalu jauh.

Pilih motor yang sesuai dengan bentuk tubuh kalian ya, karena kalau motornya nggak pas sama postur kalian, kalian akan lebih merasakan pegal saat berkendara, apalagi kalian juga bisa saja susah mengendalikan motor sport tersebut.

3. Pilih teknologi, spesifikasi dan performa motor terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan

Setelah dua hal di atas, kalian juga harus memilih teknologi, spesifikasi dan performa motor yang pas dengan selera dan kebutuhan kalian.

Contoh, jika kalian berencana akan menggunakan motor sport untuk aktifitas harian disarankan lebih baik memilih motor berkapasitas mesin tak terlalu besar seperti 150cc sampai 250cc. Selain lebih lincah, suhu mesin kapasitas tersebut tidak akan terlalu panas dan tentunya lebih irit bensin dibanding motor bermesin besar.

Namun jika kalian memilih motor sport untuk hobi atau sekedar jalan-jalan mingguan, motor sport bermesin besar boleh dilirik nih. Apalagi motor sport bermesin besar memiliki tenaga dan raungan mesin yang merdu, yang tentunya akan memompa adrenalin para pecinta kecepatan.

4. Stabil Dipakai Berkendara

Terakhir, tips memilih motor sport adalah tentang kestabilan. Hal ini dalam berkendara itu sangat penting lho, guys. Apalagi buat motor sport yang biasanya dipakai untuk melaju dalam kecepatan tinggi. Akan sangat berbahaya apabila motor dengan kecepatan tinggi tidak stabil saat dikendarai, resiko kecelakaan jadi lebih besar untuk motor-motor yang tidak stabil alias oleng.

Sebagai antisipasi, kalian coba cek spesifikasi ban, komstir motor, bearing roda, dan sokbreker sebelum membeli. Ada baiknya juga kalian melakukan test drive motor terlebih dahulu sebelum membeli. Untuk gampangnya, kalian bisa pinjam motor teman yang sudah duluan beli. Kalian juga bisa datang ke dealer motor terkemuka di kota kalian. Dealer motor biasanya sangat terbuka bagi kustomer yang ingin melakukan test drive.[azz/era/timBX]

Tags :

#
motor sport,
#
tips,
#
membeli motor sport