MENU
icon label
image label
blacklogo

Ada Waktu Ideal, Berapa Sebenarnya Kilometer Yang Pas Untuk Service AC?

APR 03, 2021@14:00 WIB | 1,430 Views

Sebagai pengendara, BlackPals harus rajin sama yang namanya perawatan berkala. Selain ganti oli, service AC mobil atau pendingin kabin juga harus dilakukan secara berkala. Hal ini wajib dilakukan agar kondisi AC tetap baik dan terjaga sehingga mobil akan terasa nyaman saat dikendarai atau saat digunakan untuk perjalanan jauh.

Melakukan perawatan atau service AC biasanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Waktu service berkala pada AC itu sendiri disesuaikan dengan kondisi lingkungan atau tempat tinggal, apakah pemilik mobil  tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, atau tinggal di pedesaan maupun wilayah lainnya.

Lalu Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Service AC Mobil ?

"Kami mematok standar 1 tahun atau 10 ribu km untuk service reguler AC. Itu standar pengguna mobil di kota besar seperti Jakarta," ujar pemilik bengkel AC Rotary Bintaro, Ferry Jensen yang dilansir dari Liputan6.com.

Sementara itu, untuk yang tinggal di kawasan pedesaan, Ferry mengatakan bahwa service AC bisa dilakukan per 20 ribu kilo meter. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya udara di kawasan pedesaan lebih alami dan bersih jika dibandingkan dengan udara di wilayah perkotaan.

"Tapi ada juga yang di daerah, wilayah tambang, yang service AC-nya relatif cepat, hanya 3.000 km. Mereka anggap udara di tempatnya lebih kotor," ujarnya.

Pada mobil, ada dua jenis service AC yang biasa dilakukan secara berkala. Untuk yang tahunan, jenis service yang dilakukan adalah service ringan atau service kecil. Pada jenis service AC mobil semacam ini biasanya hanya melakukan pembersihan evaporator dan filternya agar kotoran-kotoran yang masuk dapat disaring dengan maksimal.

Sementara untuk service berat atau besar biasanya dilakukan pembersihan dengan cara menyeluruh. Misalnya, mencuci evaporator serta mengisi ulang freon. Untuk melakukan service besar ini waktu yang disarankan adalah dua tahun sekali. Baca juga: Inilah Penyebab Ac Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Manfaat service AC

Service AC mobil rutin dapat membawa banyak manfaat bagi para pemilik mobil, salah satunya dapat memberikan kenyamanan pada pemilik mobil. Kegiatan rutin service AC mobil tersebut yang sebenarnya terlihat mudah, namun jadi terasa sulit karena kesibukan dari pemilik mobil yang cukup tinggi. Jika terus dibiarkan akan membawa dampak yang sangat fatal dan tidak menutup kemungkinan biaya yang akan dikeluarkan akan jauh lebih besar.

Melansir laman rotarybintaro.co.id, berikut manfaat yang didapatkan bagi BlackPals yang rutin melakukan service AC mobil, antara lain :

1. Mencegah kerusakan lebih besar

Ketika rutin melakukan service, kita akan mengetahui bagian mana yang perlu diganti atau diperbaiki. BlackPals juga dapat memonitor kondisi AC mobil dengan lebih tepat. Dengan tindakan tersebut, kita dapat terhindar dari resiko biaya yang dikeluarkan lebih besar akibat banyaknya komponen yang harus diganti sekaligus karena kerusakan yang dialami sudah cukup fatal.

2. Tetap nyaman digunakan

Nyaman dalam menggunakan kendaraan itu adalah harapan setiap pemilik mobil ketika mengendarainya. Untuk itulah disarankan untuk rutin melakukan service AC pada mobil agar aktivitas tidak terganggu dengan udara yang panas dan kotor ketika berkendaraan. Perawatan rutin akan mencegah kerusakan AC seperti AC mati, panas, atau mengeluarkan suara yang bising, dan banyak lagi.

3. Menambah pengetahuan bagian AC mobil

Di beberapa bengkel, umumnya montir yang akan melakukan perawatan rutin ada yang komunikatif dan ada pula yang tidak. Jika menemukan bengkel yang montirnya komunikatif bisa BlackPals manfaatkan untuk bertanya lebih mendalam tentang bagian mobil hingga bagian AC mobil sehingga dapat menambah pengetahuan. Misalnya kita jadi mengetahui tentang jenis kompresor AC, sebuah wawasan yang mungkin akan berguna di lain waktu.

4. AC lebih Awet

Bagian AC memang ada masa pakainya yang kemudian harus diganti. Umumnya masa pakai dengan perawatan rutin adalah hingga lima atau sepuluh tahun. Akan tetapi jika tidak melakukan perawatan rutin masa pakainya pun tidak akan tahan lama, apalagi jika kendaraan sering digunakan sehari-hari.

Nah, itulah tips untuk merawat ac mobil agar dalam kondisi yang prima terus. Untuk tips lainnya seputar otomatis, bisa cek langsung ke artikel lainnya di Garasi.id

Tags :

#
auto tips,
#
service ac,
#
tips ac,
#
ac mobil